Belanja Produk Lokal Tembus Rp214 Triliun, Bukti Ekonomi Kreatif Bangkit.jpg

Belanja Produk Lokal Tembus Rp214 Triliun, Bukti Ekonomi Kreatif Bangkit

oleh: rachli Travel Friday, 25 March 2022 10:00 a.m.


Mancode - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menilai, komitmen belanja produk dalam negeri dari hasil Business Matching di Bali yang mencapai Rp214 triliun menjadi bukti dari kebangkitan ekonomi di sektor ekonomi kreatif semakin terlihat.

Menyikapi hal tersebut, saat mengunjungi kegiatan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Bali, Kamis (24/3/2022), Menparekraf Sandiaga mengajak masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah menyusun tatanan ekonomi baru paska pandemi.

“Kita tidak bisa seperti dulu di mana ekonomi disusun sendiri-sendiri. Seperti pesan Presiden Joko Widodo, kita harus pastikan ekonomi ini dirasakan sehingga peningkatannya mampu membuka peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja melalui ekonomi baru,” katanya.


Ekonomi baru yang dimaksud adalah ekonomi berbasis digital, ekonomi berbasis kesehatan, ekonomi yang memastikan keunggulan SDM, ekonomi berkeadilan yang membuka peluang sampai tingkat desa wisata dan desa kreatif. Sehingga Indonesia bisa menjadi destinasi yang berkualitas.

Para pelaku UMKM, kata Menparekraf Sandiaga, harus melakukan adaptasi sekaligus inovasi terhadap produk kreatif guna mengikuti perkembangan pasar yang baru dengan cara memanfaatkan platform digital atau media sosial sebagai upaya strategi pemasaran.

“Ini membuktikan bahwa kebangkitan ekonomi ditopang oleh UMKM, karena (melalui) UMKM tercipta 97 persen lapangan kerja. Dari langan kerja itulah kita ciptakan geliat ekonomi,” katanya.

Seperti diketahui, Kemenparekraf juga telah membentuk tim Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) yang juga menunjang pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Tahun lalu, dalam tiga bulan di akhir 2021 ada lebih dari 150 ribu transaksi penjualan produk BBI dengan total nilai Rp36 miliar.

Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Bali diselenggarakan selama tiga hari, yakni 22-24 Maret 2022. Sejumlah Kementerian dan Lembaga ikut serta menyukseskan acara tersebut. Mulai dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invastasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, hingga Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Kegiatan tersebut menghadirkan sekitar 1.000 peserta yang berasal dari perwakilan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan industri serta para pelaku UMKM.

Baca Juga: Menilik Minat Permintaan Sektor Pariwisata Di Indonesia Masih Cukup Besar

Baca Juga: Sektor Pariwisata Harus Perkuat Protokol Kesehatan Di Era VUCA

Baca Juga: Dukung Produk Lokal dan Pariwisata Bali, Marriott Kampanyekan #ByBaliForBali




Share To


rachli

rachli

March 25, 2022, 10 a.m.


tags : Business Matching Menparekraf Sandiaga Uno Produk Lokal Ekonomi Kreatif


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA