Merawat-Sneakers.jpg

Cara Merawat Sneakers Berbahan Suede yang Benar

oleh: galih Fashion Style Tuesday, 12 February 2019 10:00 a.m.


Di pasaran, sepatu sneakers tersedia dengan beragam material atau bahan dasar. Salah satu meterial yang kerap digunakan brand ternama seperti New Balance, Asics, dan Puma adalah suede.

Sneakers berbahan suede memang memiliki karakteristik yang cukup istimewa. Namun, material ini juga butuh perawatan ekstra agar tampilannya tetap oke ketika digunakan. Lalu, bagaimana cara perawatan sneakers berbahan suede yang benar?

Dirangkum dari berbagai sumber, Mancode coba memberikan ulasan tentang tips atau trik bagaimana cara merawat sneakers berbahan suede. Yuk, langsung kita ulas bersama tipsnya di bawah ini.

1 Hindari Penggunaan Air Berlebih

Dilansir dari kumparan.com pada Selasa (12/2/2019), untuk sneakers berbahan suede, penggunaan air secara berlebihan akan memberikan dampak buruk pada sepatu. Umumnya, akan memberikan efek bercak tambahan yang sulit untuk dihilangkan.

Baca Juga: Dari Sepatu Karet hingga Sneakers, Ini Kisah Converse (I)

Jika terlanjur meninggalkan bercak air, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Langkah pertama, kamu basahi permukaan material suede rata dengan air. Kemudian, bersihkan bercak air tersebut dengan sikat halus. Selanjutnya, jemur sneakers di tempat yang tidak terlalu dingin dan panas. Setelah kering, lakukan sikatan kembali dengan cara menyisir suede dalam satu arah.

2 Semprotkan Anti Air dan Debu

Salah satu produk yang sering digunakan para pencinta sneakers untuk merawat sepatu berbahan suede adalah stain repellent. Caranya pun mudah, kamu tinggal menyemprotkannya ke sneakers. Diyakini sepatu kamu akan tahan air dan debu untuk beberapa minggu.

Khusus sneakers berbahan suede, kamu cukup menyemprotkan dua layer repellent agar terhindari dari air dan debu. Namun perlu diingat, produk tersebut tak bisa melindungi sneakers dari semua jenis kotoran.

3 Bersihkan dengan Cuka

Jika sneakers suede terkena noda makanan, kamu bisa menghilangkannya dengan cairan cuka. Seperti dilansir dari uzone.id, cara membersihkannya pun terbilang cukup simpel. Cukup basahi sikat dengan cairan cuka, lalu gosok noda pada sneakers secara perlahan agar tidak merusak bahan suede.

Baca Juga: Unik! Sneaker Baru Puma Gunakan Bahan Corduroy

4 Simpan di Tempat yang Tepat

Terakhir, kamu harus tepat dalam menyimpan sneakers berbahan suede. Jika disimpan di sembarang tempat, bukan tak mungkun sneakers kamu bisa terserang jamur dan bau tak sedap. Solusi penyimpanan sneakers berbahan suede adalah di tempat yang kering dan terhindar dari suhu ekstrim. Contohnya bisa menyimpannya di rak sepatu, kotak sepatu, atau sneakers box.


Share To


galih

galih

Feb. 12, 2019, 10:16 a.m.


tags : Fashion Style Tips Merawat Sneakers Sepatu Suede Membersihkan Sneakers Suede


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 27 February 2020 15:00 p.m.

SIC MYNDED Rilis Single ‘Peace Within’

Entertainment 28 February 2020 8:00 a.m.

Java Jazz Festival 2020 Hadirkan Kolaborasi Istimewa

Entertainment 28 February 2020 9:00 a.m.

JJF 2020 Siap Sapa Penikmat Musik Indonesia dan Dunia