BMW M3 M4.jpg

Bedah Spesifikasi dan Fitur BMW M3 dan M4 Coupé Generasi Terbaru

oleh: galih Life Style Thursday, 1 July 2021 11:00 a.m.


Mancode – Setelah memperkenalkan BMW Seri 4 terbaru, BMW Indonesia kembali meluncurkan line up terbarunya. Kali ini, mereka menghadirkan dua model legendaris di Indonesia, yakni the new BMW M3 Competition dan the new BMW M4 Coupé Competition yang mengusung konsep teknologi racing cars dari sirkuit ke jalan raya.

Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia mengatakan BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition generasi terbaru hadir dengan dua konsep. Pertama, sedan dengan ruang lima penumpang. Sedangkan yang kedua adalah coupé dengan empat kursi.

“The new BMW M3 Competition dan the new BMW M4 Coupé Competition sama-sama dilengkapi dengan mesin 6-silinder segaris dengan Teknologi BMW M TwinPower Turbo dengan performa mesin fantastis hingga 510 hp dan disalurkan ke roda belakang melalui transmisi BMW M Steptronic delapan percepatan dengan Drivelogic dan serangkaian teknologi inovatif yang dikembangan BMW M GmbH di lintasan balap sebenarnya,” ungkap Jodie.


Mesin

Mesin BMW M3 M4.jpg

Masih mengenai mesin, kedua kendaraan ini hadir dengan dua turbocharger dengan sistem pendinginan Indirect Charge air-cooling, sistem asupan udara yang mengoptimalkan aliran udara, dan sistem direct-injection yang bekerja dengan tekanan maksimum 350 bar membantu menghasilkan tenaga instan dan siap untuk putaran tinggi, tanpa interupsi untuk mencapai kecepatan tertingginya.

Karakteristik mesin tersebut memberikan pengalaman berkendara yang sangat mengesankan. The new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé hanya membutuhkan 3,9 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dan dari 0 hingga 200 km/jam hanya dalam waktu 12,5 detik.

Selain didukung dengan mesin bertenaga, sasis yang rigid juga memiliki peran penting menghadirkan kelincahan, dan presisi yang menjadi ciri khas kendaraan BMW M. Arsitektur dengan rigiditas torsional yang tinggi ini juga didukung dengan penggunaan spesifikasi khusus pada bagian kaki-kaki, dengan styling yang berbeda dan ukuran velg yang berbeda untuk as-roda depan dan belakang.

The new BMW M3 Competition Sedan dilengkapi velg forged BMW M light-alloy Double-spoke style 825 M Bi-colour Jet Black burnished, sedangkan the new BMW M4 Competition Coupé dilengkapi dengan velg forged BMW M light-alloy Double-spoke style 826 M Bi-colour Jet Black burnished with Translucent Shadow.

Desain Eksterior dan Interior

Desain BMW M3 M4.jpg

Jika dilihat secara desain, perubahan radikal dihadirkan dalam dua kendaraan ini. Desain bodi the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé lebih berani dari sebelumnya. Fitur desain BMW M-specific yang penuh dengan persyaratan fungsional sports cars performa tinggi terintegrasi secara harmonis ke dalam bahasa desain modern BMW.

Kontributor visual yang ekspresif dari kedua model ini adalah BMW kidney-grill vertikal dengan kisi-kisi udara horizontal, fender yang lebar dengan BMW M gills di bagian depan dan kisi udara pada apron depan dan belakang. Kedua model, sedan dan coupé juga memiliki atap yang terbuat dari carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dengan antenna sirip yang dioptimalkan secara aerodinamis, spoiler belakang dan dua exhaust tailpipes khas BMW M.

Lampu depan LED Adaptif dengan BMW Laserlight hadir menjadi standar pada the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé. 3 pilihan cat eksterior baru juga tersedia secara eksklusif; Sao Paulo Yellow, Toronto Red metallic dan Isle of Man Green metallic.

Beranjak ke dalam, the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé hadirkan desain kokpit yang ergonomis. BMW M Sport Seats yang baru, dikembangkan dan dapat disetel secara elektrik hadir dengan trim kulit fine-grain Merino dengan fitur ventilasi udara.

Sementara sistem kontrol dan display infotainment pada the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé terdiri dari serangkaian fitur baru yang berperan dalam pengalaman berkendara yang seru.

BMW M Drive Professional, yang memulai debutnya di sini, dirancang khusus untuk berkendara di sirkuit. Ini termasuk BMW M Traction Control baru yang inovatif, yang memungkinkan fungsi pembatasan slip roda terintegrasi dengan sistem DSC untuk disesuaikan (melalui sepuluh penyetelan) dengan preferensi dan kebutuhan pribadi pengemudi.

Fitur

Serangkaian fitur-fitur terbaru menjadi standar di the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé. Contohnya sistem driving-assistance yang berfungsi meringankan beban kerja pengemudi secara monoton atau situasi yang tidak menentu di jalan.

Kedua model ini juga hadir dengan Active Park Distance Control dengan sensor di depan dan belakang, Front Collision Warning with brake intervention dan Lane Departure Warning. Fitur Parking Assistant 2.0 yang dilengkapi dengan Surround View system, juga dengan Reversing Assistant hadir sebagai standar.

BMW Live Cockpit Professional dan BMW Intelligent Personal Assistant juga hadir sebagai standar untuk The new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé. Dan integrasi smartphone nirkabel yang diperbarui memungkinkan penggunaan Apple CarPlay dan Android Auto melalui sistem operasi mobil.

Harga

Kedua sports cars BMW M terbaru ini akan tersedia di diler resmi BMW M. The new BMW M3 Competition akan ditawarkan dengan harga Rp2.059.000.000 off-the-road. Sedangkan the new BMW M4 Competition Coupé akan ditawarkan dengan harga Rp2.119.000.000 off-the-road.

Sementara untuk varian Individual memiliki harga berbeda, The new BMW M3 Competition Individual akan ditawarkan dengan harga Rp2.599.000.000 off-the-road, sedangkan the new BMW M4 Competition Coupé Individual akan ditawarkan dengan harga Rp2.659.000.000 off-the-road.

Baca Juga: BMW Seri 4 Terbaru Meluncur, Dibanderol Mulai Rp1,39 Miliar

Baca Juga: Hanya Ada 10 Unit, MINI Frozen Brass Edition Hadir di Indonesia

Baca Juga: Diskon PPnBM, Mitsubishi Xpander Ultimate Jadi Buruan Konsumen




Share To


galih

galih

July 1, 2021, 11 a.m.


tags : Spesifikasi BMW M4 dan M3 BMW M4 Terbaru BMW M3 Terbaru Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 31 August 2021 11:00 a.m.

TECNO Luncurkan Spark 7 NFC Seharga Rp1 Jutaan

Fashion Style 30 August 2021 13:00 p.m.

Inspirasi Gaya Rambut Karakter Peaky Blinders