Barry Likumahuwa.jpg

Barry Likumahuwa Hadirkan Unsur Tradisi Maluku dalam ‘Nona Manis’

oleh: galih Entertainment Thursday, 11 February 2021 7:00 a.m.


Mancode - Barry Likumahuwa kembali berkarya melalui single terbaru 'Nona Manis'. Lagu ini terinspirasi dari Adinda Shalahita, istri dari Barry Likumahuwa yang biasa Barry panggil 'Nona Manis' sejak awal mereka Bersama. 'Nona Manis' yang berarti gadis cantik dalam bahasa Maluku.

Dalam single ini, Barry berkolaborasi dengan produser hiphop Indra Prof atau yang biasa disebut Prof D dan mengajak duo rapper muda Rascals pada track terbaru ini. Barry mempercayakan beat tersebut kepada Prof D. Pendekatan nuansa musik lagu ini pun menjadi sesuatu yang cukup memberi warna berbeda dari karya-karya Barry sebelumnya.

Rascals.jpg

Tidak hanya itu, Barry juga berkolaborasi dengan kolaborator lama dari era BLP, yaitu Matthew Sayersz, menampilkan suara khasnya yang menurut Barry sendiri belum tertandingi, dan menjadi pemanis dari lagu 'Nona Manis'.


Unsur Tradisi Maluku

Secara spesifik, Barry mengakui bahwa style lagu 'Nona Manis' ini dipengaruhi artis-artis hiphop seperti Skee Lo, Dr. Dre, 2Pac dan semacamnya, yang kental akan vive dan nuansa hiphop dekade 1990-an. Sentuhan hiphop-nya makin kental dan unik berkat duo rapper Rascals yang menggunakan perpaduan bahasa Indonesia, Inggris, dan sedikit logat Ambon.

Single Nona Manis.jpg

Selain ada sentuhan bahasa sehari-hari Ambon, Barry juga memasukkan unsur Tifa alat musik tradisional Maluku yang direkam oleh percussionist Georgie Tanasale. Barry menggali kembali sisi akar kebudayaan Maluku, terutama semenjak kepergian sang ayah Benny Likumahuwa Juni 2020 lalu.

Lagu 'Nona Manis' dari Barry Likumahuwa bersama Prof. D Beat feat. Rascals & Matthew Sayersz kini sudah bisa didengar di seluruh platform musik digital.

Baca Juga: Diastika dan Gangga Suarakan Harapan Positif dalam ‘Hope’

Baca Juga: Young Lex X Widi 'Vierratale' Rilis 'Coba Bicara Empat Mata'

Baca Juga: Istirahat Sejenak Lewat Lagu 'Tanya' Dere




Share To


galih

galih

Feb. 11, 2021, 7 a.m.


tags : Entertainment Single Nona Manis Tradisi Maluku Matthew Sayersz Rascals Barry Likumahuwa


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE