Jakarta-Banjir-2020.jpg

Banjir Jakarta 2020: Salah Satu yang Terburuk!

oleh: inggil Life Style Thursday, 2 January 2020 14:00 p.m.


Mancode - Kota Jakarta memulai awal 2020 dengan buruk, curah hujan yang tinggi terus menerus membuat kota ini terendam banjir. Banjirnya Jakarta pun menjadi topik hangat di beberapa media asing. Mereka menyebutnya sebagai Jakarta Floods. Bahkan, Accu Weather pun menyebut jika banjirnya Jakarta kali ini merupakan banjir yang terburuk dalam beberapa tahun.

Associated Press (AP) pun dengan headline beritanya bertuliskan "16 dead, thousands caught in flooding in Indonesian’s’" data itupun diambil dari Kapusdantikom BNPB, Agus Wibowo.

“Musim hujan dan naiknya sungai menenggelamkan setidaknya 169 lingkungan dan menyebabkan tanah longsor di Bogor dan Depok di pinggiran Jakarta, kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Agus Wibowo,” tulis AP dalam laporan mereka, Kamis (2/1/2020).

Banyaknya korban jiwa yang meninggal itu dikarenakan hipotermia, tenggelam, dan tanah longsor. Sebagian juga terjadi karena tersengat arus listrik. Setidaknya, hampir 30.000 warga Jakarta dievakuasi ke tempat penampungan sementara.

Jakarta-Floods-2020.jpg

Media Singapura, The Strait Times, juga memberitakan banjir Jakarta dan sekitarnya. Mengutip Kapusdatinkom BNPB, Agus Wibowo, The Strait Times menyebut penyebab korban tewas banjir Jakarta dan sekitarnya akibat hipotermia, tenggelam hingga tersetrum.

Akibat banjir ini juga membuat PLN mematikan listrik di ratusan kabupaten di Jakarta. Saking parahnya, landasan pacu di Bandara Halim Perdana Kusuma pun ditutup dan dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta.

DW menyebut jika banjir Jakarta 2020 ini merupakan banjir terburuk yang melanda ibu kota sejak 2013 silam. Sebelumnya, pada 2007 banjir Jakarta menyebabkan 50 orang tewas dan merendam sebagian besar pusat kota.

Jalanan-Jakarta-Banjir-2020.jpg

Menanggapi banjir Jakarta, Presiden Indonesia, Joko Widodo mengatakan jika banjir ini disebabkan oleh kerusakan ekosistem dan ekologi.

“Karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem, ekologi yang ada tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita akibat membuang sampah sembarangan,” ujar Presiden Jokowi seperti yang dilansir dari Antara.

Baca Juga: Sepatu Anti Air Ini Cocok untuk Musim Hujan


Share To


inggil

inggil

Jan. 2, 2020, 2 p.m.


tags : Jakarta 2020 Jakarta Floods 2020 Jakarta Banjir Banjir Jakarta Jakarta Floods


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'