Bangun-Pagi.jpg

Bangun Pagi adalah Kebiasaan yang Harus Dipaksakan

oleh: inggil Life Style Monday, 16 December 2019 13:00 p.m.


Mancode - Sebelumnya penulis ingin minta maaf jika tulisan ini dianggap menghakim bagi kalian kaum pecinta rebahan. Percayalah, tidak ada niatan bagi saya untuk mencela mereka yang suka bangun terlalu siang saat weekdays maupun weekend. Penulis di sini hanya sekedar memberi tahu seberapa pentingnya sih bangun pagi itu.

Bagi kalian semua pasti sedang berada di fase ini bukan? Apalagi lingkungan pertemanan saya di sini yang kebanyakan mahasiswa dan para pekerja yang sudah cukup berat untuk bangun di pagi hari.

Dulu, waktu saya kecil punya keinginan saat dewasa nanti seperti ini: bangun pagi hari-berolahraga-mandi-sarapan sembari membaca koran-berangkat kerja.

Baca-Koran-di-Pagi-Hari.jpg

Memang keinginan tidak selalu menjadi kenyataan, nyatanya hingga saat ini (saya sudah bekerja) hanya bangun pagi kemudian ibadah dan tidur lagi. Memang bukan kebiasaan yang tidak baik namun bukan pula yang buruk. Kerjaan saya? Iya untungnya jam kantor ditempat perusahaan saya fleksibel yang mana mengharuskan para pegawainya bekerja delapan jam tanpa ada patokan waktu.

Ada sih jam kantor umumnya, yakni pukul setengah sembilan pagi hingga setengah enam sore. Tapi, karena ada kebijakan jam fleksibel saya bisa berangkat pukul 11 siang dan memundurkan waktu pulang.

Entah kenapa hal yang tidak biasa saya lakukan ini menjadi kebiasaan saya. Memang suatu hal yang sering kita lakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan.

Kebisaan-Bangun-Pagi.jpg

Hingga pada akhirnya saya menyadari bangun siang hari adalah kebiasaan yang buruk dan saya berniat untuk bangun sepagi mungkin. Karena apa? Mengapa tidak, iya itu jawaban saya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat kita bangun di pagi hari, seperti aktivitas keinginan saya yang di atas misalnya.

Bangun pagi atau bangun sangat pagi adalah dua kegiatan yang berbeda dan memberikan bayangan pada otak jika kita memiliki lebih banyak waktu, dibandingkan bangun siang. Memang tidak mudah tapi yakinlah itu penting, jika perlu paksakan diri kita untuk harus.

“Memang apa enaknya sih bangun di pagi hari itu?”

Tentu banyak sekali hal positif yang bisa dilakukan di pagi hari, terlebih soal produktivitas. Bagi saya yang saat ini berstatus sebagai pekerja, aura positif harus saya tanamkan saat ingin berangkat ke kantor dengan begitu tidak akan merusak mood saya saat sedang bekerja nanti.

Minum-Kopi-di-Pagi-Hari.jpg

Dengan bangun di pagi hari kita bakal mempunyai banyak waktu, sehingga di dalam otak secara tidak langsung merasa ada yang perlu banyak untuk dikerjakan. Sehingga akan ada penekanan yang menyebar ke seluruh indera tubuh yang akhirnya membuat kita jadi lebih produktif.

Kita juga bisa pula merapikan tempat tidur terlebih dahulu sebelum berangkat melakukan aktivitas.

“Kenapa merapikan tempat tidur?”

Merapikan-Tempat-Tidur.jpg

Navy Seal William H. McCraven, selaku komandan ternama pernah menyampaikan pidatonya pada 2014 di Universitas Texas. Dalam pidatonya di berkata

If you want to change the world, start off by making your bed. If you make your bed every morning, you will have accomplished the first task of the day. It will give you a small sense of pride, and it will encourage you to do another task, and another, and another. And by the end of the day that one task completed will have turned into many tasks completed.”

Karena itu membereskan tempat tidur menjadi hal penting yang pertama kita lakukan di pagi hari. Sepele memang tapi jika kita bangun siang kegiatan ini pasti akan kita abaikan. Toh, melihat tempat tidur yang rapi saat kita pulang kerja adalah surga yang indah bukan?

Kesimpulannya, bangun pagi hari memang sulit tapi jika tidak dipaksakan kita akan menjadi kebiasaan bangun kesiangan. Banyak aura positif yang bisa kita dapatkan di pagi hari bukan hanya sekadar melakukan aktivitas tapi juga rasa kepuasaan dalam diri. Lakukanlah kebiasaan ini, seberapa malam atau dini kamu tidur upayakan pula untuk bangun sepagi mungkin.

Baca Juga: Memaknai Hidup Layaknya Tokoh Nobita

Baca Juga: Makna Kehidupan ketika Kamu Berusia 20-an

Baca Juga: Selain Diet, Ternyata Tidur Bisa Turunkan Berat Badan (I)


Share To


inggil

inggil

Dec. 16, 2019, 1 p.m.


tags : Cara Bangun Pagi Bangun Pagi Manfaat Bangun Pagi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 18 February 2020 12:00 p.m.

Yasmin Napper, Mencuri Perhatian lewat Klip Armada

Entertainment 18 February 2020 11:00 a.m.

Serigala jadi Single Berbahasa Indonesia Protocol Afro

Technology 18 February 2020 10:00 a.m.

Mantap! Sekarang Bayar SPP Bisa Pakai GoPay

Entertainment 18 February 2020 9:00 a.m.

Duka Mendalam untuk Ashraf Sinclair