Bangun Koneksi Lebih Personal, Kenali Para Influencers dan Cara Memilihnya.jpg

Bangun Koneksi Lebih Personal, Kenali Para Influencers dan Cara Memilihnya

oleh: rachli Life Style Monday, 4 July 2022 11:00 a.m.


Mancode - Dengan fokus pada upaya membangun brand, para pemasar selalu mencari cara untuk tetap menjadi top-of-mind pembeli potensial. Untuk dapat melakukannya, banyak pemasar yang menggunakan media sosial dan influencers untuk membuat koneksi yang lebih personal dan menguntungkan dengan konsumen.

Dalam keterangan resminya yang diterima, Selasa (28/6/2022), berikut adalah beberapa catatan penting dari hasil riset Nielsen terkait InfluencersMarketing di Indonesia yang diambil dari layanan Nielsen Influence Scope.

  • Di Indonesia, terdapat setidaknya 5.5 juta influencers dalam enam bulan terakhir (November 2021 – Mei 2022). Influencers ini dapat ditemukan dalam tiga platform utama yaitu Instagram (3.1 juta), YouTube (2.2 juta), dan TikTok (200 ribu).
  • Rata-rata influencers di Indonesia di dominasi oleh influencers perempuan, kecuali Youtube yang didominasi oleh influencers laki-laki. Rentang usia para influencers adalah 18 – 34 tahun.
  • Influencers di Indonesia terbagi dalam lima kategori, dengan mayoritas influencers berada dalam kategori nano dan micro. Nano – 1k to 10k, Micro – 10k to 50k, Mid – 50k to 100k, Macro – 100k to 1M, Mega -- > 1M.

Top 10 influencers di Instagram berdasarkan jumlah followers


Mereka antaranya Raffi Ahmad & Nagita Slavina dengan nama akun @raffinagita1717 dan jumlah followers 61.8 juta, Ayu Tingting dengan nama akun @ayutingting92 dan jumlah followers 51.7 juta, Prilly Latuconsina dengan nama akun @prillylatuconsina96 dan jumlah followers 47.6 juta.

Ada pula Joko Widodo dengan nama akun @jokowi dan jumlah followers 46.6 juta, Ruben Onsu dengan nama akun @ruben_onsu, Laudya Cynthia Bella dengan nama akun @laudyacynthiabella dan jumlah followers 36.2 juta, Gisella Anastasia dengan nama akun @gisel_la dan jumlah followers 36.9 juta, Luna Maya dengan nama akun @lunamaya dan jumlah followers 33.8 juta, Sarwendah Tan dengan nama akun @sarwendah29 dan jumlah followers 31.4 juta, dan Raisa Andriana dengan nama akun @raisa6690 dan jumlah followers 31.3 juta.

Top 10 influencers di YouTube berdasarkan jumlah subsrcibers

Mereka antaranya Ria Ricis dengan nama akun Ricis Official dan jumlah subscribers 30.10 juta, Atta Halilintar dengan nama akun AH dan jumlah subscribers 29.7 juta, Tobias Justin dengan nama akun Jess No Limit dan jumlah subscribers 25.6 juta, Rans Entertainment dengan nama akun Rans Entertainment dan jumlah subscribers 23.7 juta.

Lalu, Trans 7 Official dengan nama akun TRANS7 OFFICIAL dan jumlah subscribers 22.8 juta, Kananda Widyantara dengan nama akun Frost Diamond dan jumlah subscribers 21.8 juta, Baim Paula dengan nama akun Baim Paula dan jumlah subscribers 20.6 juta, Indosiar dengan nama akun Indosiar dan jumlah subscribers 20 juta, Deddy Corbuzier dengan nama akun Deddy Corbuzier dan jumlah subscribers 18.7 juta, Gen Halilintar dengan nama akun GEN HALILINTAR dan jumlah subscribers 17.9 juta.

Top 10 influencers di TikTok berdasarkan jumlah followers

Mereka antaranya, Scott Henzeptor dengan nama akun @scottsreality dan jumlah followers 37 juta, Ria Ricis dengan nama akun @riaricisl dan jumlah followers 27.1 juta, Cahya Niryn dengan nama akun @cahyaniryn dan jumlah followers 18.2 juta, Anggun Supriyadi dengan nama akun @anggun_supriadi91 dan jumlah followers 17.7 juta.

Lalu, Juyy Comell dengan nama akun @juyyputrii21 dan jumlah followers 17.4 juta, Neng Lidyawati dengan nama akun @notnot8 dan jumlah followers 16.3 juta, Sandy SS dengan nama akun @sandys.ss dan jumlah followers 15.2 juta, Fuji dengan nama akun @fujiiian dan jumlah followers 14.8 juta, Unaa dengan nama akun @mieayamthebstt dan jumlah followers 14.1 juta, Wahyu Kadeoo dengan nama akun @wahyukadeo90 dan jumlah followers 13.7 juta.

Baca Juga: Riset Nielsen Mengungkapkan Influencer Bantu Brand Bangun Koneksi

Baca Juga: ESL Gaming dan Nielsen Perpanjang Masa Kerjasama Pengukuran Esport Komprehensif

Baca Juga: Nielsen Tingkatkan Sistem Identitas Layanan Digital Ad Ratings di Indonesia




Share To


rachli

rachli

July 4, 2022, 11 a.m.


tags : Influencers Nielsen Brand


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE