Bambang Pamungkas.jpg

Bambang Pamungkas Pesepak Bola yang Punya Banyak Prestasi

oleh: inggil History Wednesday, 7 August 2019 13:00 p.m.


Bambang Pamungkas atau kerap disapa Bepe merupakan pesepak bola terkenal Indonesia yang mempunyai banyak prestasi. Meski sudah mengundurkan diri dari Tim Nasional, ia masih populer dan ditakutkan oleh kiper lawan. Saat ini ia masih aktif sebagai pemain klub papan atas Liga 1, Persija Jakarta. Sudah banyak prestasi yang ia ukir di klub maupun Timnas.

Baca Juga: Gerald Situmorang Sang Gitaris dengan Talenta Luar Biasa

Masa Kecil

Pria lahiran Semarang, 10 Juni 1980 ini merupakan anak dari pasangan H. Misranto dan Hj. Suriptinah. Bepe kecil kala itu bersekolah di SD Negeri Kauman Lor 3 Getas, Semarang. Kemudian ia melanjutkan SMP dan SMA di Negeri 1 Salatiga. Top skore Timnas ini juga melanjutkan pendidikan tingginya di Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia dan Rawamangun meski hanya dua semester.

Bambang Pamungkas.jpg

Kecintaannya pada dunia sepak bola sudah ia mulai sejak masih kecil. Terhitung sudah ada beberapa klub lokal yang pernah ia ikuti. Diantaranya, SSB Getas (1988-1989), SSB Ungaran Serasi (1989-1993) dan Klub Diklat Salatiga (1996-1999). Pertama kali ia membela Timnas sendiri pada ajang Piala Asia U-19. Pada ajang tersebut pula nama Bambang makin dikenal, ia berhasil mencetak tujuh gol yang menjadikannya top skore. Atas prestasi tersebut ia masuk seleksi pemain Persija pada 1999 dan berhasil lolos.

Kehidupan Pribadi

Tak hanya populer di dunia sepak bola saja, Bambang Pamungkas juga menjadi selebritis Indonesia. Sosoknya sering muncul di layar kaca sebagai bintang iklan produk. Kebanyak produk ialah terkait bola maupun produk lainnya. Bepe juga menjadi salah satu pesepak bola Indonesia dengan pengikut terbanyak di akun sosmednya.

Bambang Pamungkas.jpg

Saat ini Bambang Pamungkas telah mempunyai tiga anak, Salsa Alicia, Jane Abel, dan Syaura Abana. Ketiga anak tersebut hasil dari pernikahannya bersama Tribuana Tungga Dewi. Sebagai pesepak bola, Bambang Pamungkas sangat menyayangi keluarganya. Bahkan sang istri pun juga menjadi suporter setia kala suaminya bermain.

Karir Profesional

Pada musim pertamanya bersama Persija, Bepe berhasil menjaringkan 24 gol dan menjadikannya pencetak gol terbanyak klub. Hingga pada akhir musim, pemain yang berposisisi sebagai penyerang ini bergabung dengan tim divisi 3 Belanda, EHC Norad. Perjalanan Bambang di Belanda tersebut mempunyai banyak hambatan, terutama masalah penyesuaian diri. Ia gagal menyesuaikan diri dengan cuaca dingin di Belanda. Hingga pihak klub EHC Norad kembali meminjamkannya kepada Persija, yang kemudian kedua pihak mengakhiri kontrak bersama.

Bambang Pamungkas.jpg

Pada 2005 Bambang mendatangani kontrak dengan klub asal Malasyia, Selangor FC. Ketajamannya di depan gawang membuat nama Bepe semakin dicintai oleh para fans. Di musim pertamanya Bepe berhasil menjadi top skore Liga Malasyia dengan 22 gol. Kemudian, pada musim 2007 ia kembali ke Indonesia dan memperkuat Persija Jakarta.

Bambang Pamungkas mempunyai kesempatan untuk bergabung dengan klub Wellington Phoenik FC di Selandia Baru. Bahkan dirinya juga sempat menjalani masa trial di klub tersebut. Namun, ia gagal mendapatkan kontrak karena berbagai alasan, salah satunya telatnya dokumen dari Indonesia.

Hingga pada Desember 2013, Bepe di kontrak selama satu tahun untuk memperkuat Pelita Bandung. Pria yang kini berumur 39 tahun tersebur berhasil mengemas 10 gol untuk Pelita Bandung Raya sebelum kembali ke Persija hingga sekarang.

Perjalanan Tim Nasional

Pada usianya yang ke 18 tahun, Bambang Pamungkas berhasil masuk timnas senior. Pertandingan pertama yang ia ikuti, yakni saat laga persahabatan bersama Lituania. Pada 2002, Bepe menjadi pencetak gol terbanyak dengan delapan golnya dari enam penampilan pada ajang Piala Tiger (2002).

Bambang Pamungkas.jpg

Hingga saat ini nama Bambang Pamungkas masih memegang rekor sebagai penampilan terbanyak dan top skore untuk timnas. Total sudah ada 88 penampilan 42 gol yang dhasilkan penyerang ini. Kemudian, pada 1 April 2013, Bambang Pamungkas menyatakan pensiun dari Timnas Indonesia.

Bercita-Cita Menjadi Guru

Siapa sangka legenda sepak bola Indonesia ini dulunya bercita-cita sebagai seorang guru. Profesinya yang menjadi pesepakbola profesional sendiri dikarenakan keterpaksaan yang kemudian dijadikannya sebagai tantangan.

Bepe kecil kala itu mempunyai cita-cita sebagai guru. Sebab ia merasa menjadi seorang guru ialah perkejaan mulia dan mempunyai kehormatan sendiri. Namun, nasib membawanya ke ruang lain. Terutama keluarga Bepe, sang ayah sendiri juga merupakan pemain sepak bola.

Bambang Pamungkas.jpg

“Awalnya tidak pernah terlintas dalam pikiran saya untuk menjadi pemain sepak bola. Mimpi saya kala itu ialah menjadi guru. Hingga pada ulang tahun ke delapan, ayah memberi saya sepasang sepatu bola, sejak itu saya ingin menjadai pesepakbola profesional.” ujar Bambang Pamungkas, dilansir Detik.

Baca Juga: Rizky Faidan Anak Muda Indonesia Peraih Juara PES League 2019


Share To


inggil

inggil

Aug. 7, 2019, 1 p.m.


tags : Sepak Bola Indonesia Bambang Pamungkas Persija Jakarta Kisah Bambang Pamungkas Biografi Bambang Pamungkas


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 3 July 2020 15:00 p.m.

Mengenal 8 Fitur Baru Android 10 pada Smartphone

Entertainment 3 July 2020 14:00 p.m.

Edan! Band Bocah Cilik Ini Bawakan Dream Theater

Technology 3 July 2020 12:00 p.m.

Bahaya Bermain TikTok, Data Pengguna Bisa Diambil!