Elemen-Skateboard.jpg

Komponen pada Skateboard yang Wajib Diketahui

oleh: inggil Shopping Thursday, 30 January 2020 9:00 a.m.


Mancode - Sebagai salah satu olahraga ekstrem, aktivitas bermain skateboard memang menyenangkan. Maka tidak heran jika olahraga ini banyak digandrungi orang. Terlebih banyak pula di kota-kota Indonesia yang menyediakan skatepark untuk bermain skateboard. Seiring berkembangnya olahraga ini, menjadikannya banyak digelar berbagai macam perlombaan. Bahkan, pada gelaran Asian Games 2018, skateboard menjadi salah satu cabang yang dilombakan.

Oleh karena itu, saat ini banyak pemula yang ingin menjajal bermain skateboard untuk sekadar hobi ataupun berlatih profesional. Meski begitu, sering ditemukan para pemula yang masih bingung terhadap bagian-bagian skateboard ini.

Untuk mengenal lebih lanjut apa saja bagian skateboard yang wajib dikenali. Simak ulasan Mancode berikut ini:

Deck

Deck atau papan skate merupakan komponen utama pada permainan skateboard. Pasalnya, deck sendiri berfungsi sebagai pijakan kaki seorang skater. Umumnya, deck memiliki berbagai macam ukuran dari kecil hingga yang besar. Untuk memilih ukuran deck, mancoders bisa melihat dari ukuran sepatu dan besar tubuh.

Deck-Skateboard.jpg

Berikut ini cara memilih deck yang baik mengikuti ukuran sepatu:

Ukuran sepatu 40: ukuran deck antara 7,5-8,0 inci.

Ukuran sepatu 41: ukuran deck antara 7,75-8,0 inci.

Ukuran sepatu 42: ukuran deck antara 7,8-8,1 inci.

Ukuran sepatu 43: ukuran deck antara 8,0-8,25 inci.

Soal harga sendiri, umumnya biaya untuk sebuah deck yang standar Rp350.000 hingga jutaan. Tergantung dari jenis, desain, dan bahan dari papan skateboard.

2. Deck Pad

Deck-Pad-Skateboard.jpg

Komponen ini mempunyai fungsi yang cukup penting bagi pemula. Deck pad mempunyai fungsi untuk meredam tekanan antara trucks dan papan, sehingga tidak menimbulkan kerusakan atau keretakan pada papan. Walaupun banyak pemain skateboard tidak memasang deck pad, tapi sebagai pemula ada baiknya memasang komponen satu ini. Agar ketika terjatuh nantinya papan tetap aman. Harga pasaran deck pad sendiri mulai dari Rp30.000 hingga Rp100.000.

3. Griptape

Griptape-Skateboard.jpg

Griptape berfungsi untuk melapisi deck agar tidak licin saat bermain skateboard. Komponen ini juga dapat merekatkan papan skateboard dengan sepatu pemain untuk melakukan trik. Umumnya, griptape sendiri memiliki permukaan yang kasar, tujuannya agar pemain tidak mudah jatuh saat bermain skateboard. Untuk harga selembar griptape, biasanya dibanderol seharga Rp40.000 hingga Rp130.000 tergantung dari merek dan tingkat kekasaran.

4. Trucks

Trucks-Skateboard.jpg

Beralih ke bagian penggerak skateboard, komponen pertama ialah trucks. Pada komponen ini berfungsi sebagai besi penyangga papan skate dan berfungsi sebagai poros dari putaran roda. Komponen ini juga berfungsi penting, semakin baik kualitas trucks maka pemain skateboard dapat memainkan triknya dengan lancar. Harga trucks sendiri bervariasi, namun standarnya Rp250.000 hingga Rp650.000 tergantung dari merek, model, dan bahan yang digunakan.

5. Wheels/ Roda

Wheels-Skateboard.jpg

Sama dengan fungsi roda pada umumnya, wheels berfungsi untuk membantu berjalan sebuah skateboard. Pada papan skateboard sendiri, terdapat empat wheels membantunya menopang dan berjalan. Untuk memilih roda skateboard yang baik, pastikan terbuat dari polyurethane yang kuat dan mampu meredam tekanan dari tubuh skaters. Harga satu set roda sendiri sekitar Rp200.000 hingga Rp400.000.

6. Bearings

Komponen satu ini juga mempunyai peran penting. Pasalnya, bearings berfungsi sebagai pemutar roda, tanpa adanya komponen ini maka roda tidak akan bisa berputar pada trucks. Bearings sendiri juga mempunyai tingkatan kecepatan. Mulai dari abec 3 hingga abec 7. Semakin tingginya angka pada bearings maka semakin licin sehingga roda dapat berputar lebih cepat.

Alat-Bearings-Skateboard.jpg

Dalam satu roda sendiri membutuhkan dua buah bearings. Maka, untuk satu set papan sendiri membutuhkan delapan buah bearings yang diperlukan. Untuk harga satu set bearings sendiri sekitar Rp150.000 hingga Rp250.000.

7. Bushing

Slide1.JPG

Bushing adalah sebuah karet keras yang befungsi sebagai penopang serta peredam tekanan pada trucks. Sehingga membuat trucks tidak mudah rusak. Terdapat berbagai macam bentuk bushing. Bentuk ini mengikuti bentuk trucks pada papan skate. Pastikan pula memilih bushing sesuai dengan tipe bermain skateboard. Apakah untuk melakukan trik atau sekadar bermain ringan. Harga dari sebuah bushing standarnya sekitar Rp60.000 hingga Rp70.000.

Baca Juga: 5 Tempat Latihan Skateboard Menarik di Jakarta


Share To


inggil

inggil

Jan. 30, 2020, 9 a.m.


tags : Jenis Skateboard Bagian Skateboard Harga Komponen Skateboard Skateboard Papan Skateboard Deck Skateboard Komponen Skateboard


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 3 July 2020 15:00 p.m.

Mengenal 8 Fitur Baru Android 10 pada Smartphone

Entertainment 3 July 2020 14:00 p.m.

Edan! Band Bocah Cilik Ini Bawakan Dream Theater

Technology 3 July 2020 12:00 p.m.

Bahaya Bermain TikTok, Data Pengguna Bisa Diambil!