Backstage (Source: wixstatic.com.jpg)

Backstagers, Wadah Sharing Para Pelaku Event di Tanah Air

oleh: galih Mancave Monday, 18 March 2019 12:00 p.m.


Berawal dari sekadar kumpul dan ‘ngopi’ bareng, tercetuslah komunitas yang bernama Backstagers. Komunitas ini merupakan kumpulan para pelaku event di Tanah Air, yang di dalamnya berkumpul event organizer, vendor, artis, dan lain-lain.

Dikatakan Krisnanto selaku Founder Backstagers, nama komunitasnya memiliki arti yang seolah-olah orang yang berada di belakang panggung. Namun, makna di ‘belakang panggung’ ini bukan benar-benar orang yang berada di belakang panggung.

“Apapun yang berhubungan dengan kegiatan, acara, kita sebutnya ‘panggung’. Nah, kami ini adalah orang-orang yang ada di balik itu semua,” kata Anto, sapaan akrab Krisnanto seperti dilansir dari male.co.id, Senin (18/3/2019).

Baca Juga: 5 Tempat Latihan Skateboard Menarik di Jakarta

Kehadiran komunitas yang terbentuk sejak 2013 ini sebagai wadah pengetahuan bagi para pelaku event yang ada di Tanah Air. Di sini, mereka bisa sharing sekaligus mengedukasi terkait rangkaian event yang akan ataupun telah dibuat.

"Dengan adanya komunitas ini bisa (sharing,red)berbagai ilmu dan pengetahuan, supaya kualitas pengetahuannya sama. Mulai dari Jakarta sampai ke daerah. Karena mengelola event itu tidak ada sekolahnya. Ditambah, pelaku event tidak semua bentuknya berbedan hukum, ada yang bentuknya paguyuban, komunitas, macam-macam," kata Emon Firman Syah, salah satu pencetus Backstagers.

Backstage - marketeers.com.jpg

Layaknya komunitas pada umumnya, Backstagers juga kerap menggelar kopi darat (kopdar). Entah itu sekadar ‘ngopi’ bareng ataupun membuat event bersama. Tujuan utamanya tentu untuk mengenal anggota satu sama lain.

Menariknya, setiap pertemuan Backstagers dikemas dengan kegiatan menarik yang diberinama ‘Regroup’. Pada awal terbentuk Backstagers, kegiatan ‘Regroup’-nya mulai dari buka puasa bersama para anggota, buka puasa bersama anak yatim, dan lainnya. “Kegiatan Itu rutinitas awal sebelum Backstagers dibuka dan masih dijalani sampai saat ini," ungkap Emon.

Baca Juga: Mengenal 6 Macam Jas Pria Beserta Fungsinya

Seiring berjalannya waktu, lanjutnya, kegiatan ‘Regroup’ kini semakin berkembang menjadi acara tahunan yang diisi dengan sharing ilmu tentang seluk beluk event, bagaimana standar membuat event, mengatur ticketing, mengundang media, dan lainnya.

Ke depannya, rencananya event ‘Regroup’ akan dikemas dengan skala kecil berisikan agenda roadshow ke 10 – 12 kota di tahun 2019. “Misinya kami ingin memberikan edukasi, pengetahuan, baik data serta soal event itu sendiri,” harap Emon.


Share To


galih

galih

March 18, 2019, noon


tags : Komunitas Backstagers Backstagers Mancave Wadah Pelaku Event Event Organizer


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 19 January 2020 8:00 a.m.

The Adams Berkolaborasi dengan Yayasan Pita Kuning

Entertainment 19 January 2020 10:00 a.m.

This Is All About You Jadi Single Baru Gail Satiawaki

Entertainment 18 January 2020 7:00 a.m.

Bleu House Ucapkan I Don’t Wanna Say Goodbye

Life Style 19 January 2020 11:00 a.m.

Keraton Agung Sejagat dan Mimpi Menjadi Raja