Girl Band-Blackpink.jpg

Awas! Artis K-Pop Jadi Target Serangan Siber Tertinggi

oleh: galih Technology Saturday, 10 October 2020 7:00 a.m.


Mancode – McAfee, perusahaan keamanan siber mengingatkan nama-nama artis K-Pop yang paling banyak dicari secara online seperti Blackpink dan EXO, memiliki tingkat risiko serangan siber tertinggi.

Sejak meluncurkan album bertajuk “The Album”, Blackpink memang langsung menduduki peringkat pertama di daftar artis yang paling sering dicari oleh netizen Indonesia secara online. Kemudian, disusul oleh boyband EXO, dan beberapa artis lainnya dengan tingkat pencarian tertinggi di Indonesia.

Menurut McAfee, kondisi pencarian tersebut, dengan cepat dimanfaatkan para penjahat siber. Mereka menanamkan malware atau situs jahat ke nama artis-artis tersebut. 'Jebakan' tautan berbahaya tersebut bisa saja tanpa disengaja di-klik para pengguna internet.

Apalagi, budaya mengunduh media secara ilegal masih cukup tinggi di Tanah Air. Selain itu, alasan enggan membayar biaya berlangganan, menurut McAfee membuat orang Indonesia menjadi rentan menjadi korban kejahatan siber.

“Penjahat siber dengan cepat memanfaatkan ketertarikan konsumen pada budaya selebriti, menipu semakin banyak pengguna untuk mengakses situs atau konten berbahaya untuk mendapatkan hiburan gratis,” kata Shashwat Khandelwal, Head of Southeast Asia Consumer McAfee.

Di satu sisi, lanjutnya, pengguna banyak yang tak menyadari risiko berselancar di internet. Apalagi kaitannya dengan seberapa bahaya kejahatan siber yang berisiko adanya pencurian data pribadi.

“Sangat penting bagi konsumen untuk belajar melindungi kehidupan digital mereka dari aktor kejahatan online dengan berpikir dua kali sebelum mengakses situs atau konten tertentu, terutama karena penjahat terus menerapkan praktik penipuan seperti situs palsu yang menawarkan konten gratis,” tambahnya.

Berikut 10 selebriti yang paling banyak dicari di Indonesia:

  1. Blackpink
  2. EXO
  3. Zayn Malik
  4. Gigi Hadid
  5. Raffi Ahmad
  6. Selena Gomez
  7. Atta Halilintar
  8. Lee Min Ho
  9. Aurel Hermansyah
  10. Adhisty Zara

Tips Aman Selama Menggunakan Internet

Untuk mencegah kejahatan siber, McAfee memberikan sejumlah tips aman menggunakan internet.

Pertama, berhati-hatilah dengan apa yang kamu klik. Pengguna yang mencari film populer, serta gosip tentang selebriti favorit mereka, harus berhati-hati dan hanya mengklik tautan ke sumber yang dapat dipercaya.

“Hal yang paling aman untuk dilakukan adalah menunggu rilis resmi dan memanfaatkan platform TV dan streaming film yang sah, daripada mengunjungi situs web pihak ketiga yang mungkin berisi malware,” kata Khandelwal.

Lalu, jauhi streaming ilegal dan mengunduh MP3 di situs online. Baik untuk mendengarkan lagu duet Blackpink dan Selena Gomez, atau streaming album EXO - penting untuk hanya menggunakan platform streaming musik yang sah meskipun berbayar. “Banyak unduhan ilegal yang dipenuhi dengan malware atau adware yang menyamar sebagai file MP3, tambahnya.

Kemudian, lindungi diri dengan solusi keamanan siber. Solusinya dengan keamanan komprehensif seperti McAfee Total Protection yang dapat membantu melindungi Anda dari malware, serangan phishing, dan ancaman lainnya.

Tak lupa, selalu gunakan software dengan parental control. Anak-anak juga merupakan penggemar selebriti, jadi pastikan bahwa anak telah menetapkan batasan di perangkat mereka menggunakan perangkat lunak dengan fitur parental control untuk membantu meminimalkan paparan ke situs web berbahaya atau tidak pantas.

Baca Juga: 10 Judul Film Streaming Berpotensi Jadi Target Kejahatan Siber

Baca Juga: BLACKPINK Hadir dengan Konten Eksklusif di Spotify

Baca Juga: Musik K-Pop Mendominasi Spotify Dunia


Share To


galih

galih

Oct. 10, 2020, 7 a.m.


tags : Technology Kejahatan Siber Artis K-Pop McAfee K-Pop


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 23 October 2020 12:00 p.m.

Duo Charita Utami & Yudhistira Mirza Rilis “Usai Usia”

Entertainment 23 October 2020 11:00 a.m.

“Kini Hanya Tentangmu”, Sepenggal Kisah Cinta Rizky Billar

Entertainment 23 October 2020 7:00 a.m.

Tetap Digelar, Synchronize Festival 2020 Tayang di SCTV