Pepsi-Indonesia.jpg

Awal Kelahiran Pepsi di Indonesia

oleh: inggil Life Style Thursday, 3 October 2019 12:00 p.m.


Pada tanggal 10 Oktober nanti, minuman bersoda legendaris, Pepsi resmi hengkang dari Indonesia. Hal tersebut dikonfirmasi oleh pihak Pepsi Indonesia. Penyebabnya sendiri yaitu masa kontrak PepsiCo Inc dan PT Anugrah Indofood Barokah Makmur (AIBM) telah habis pada tanggal tersebut. Keduanya pun sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama lagi.

Baca Juga: Ini Camilan Sehat untuk Pria Modern

Memang beberapa bulan belakangan minuman Pepsi sudah jarang ditemui di minimarket Indonesia. Jikapun ada barangnya hanya sedikit.

Pepsi-Indonesia-menghilang.jpg

Ada sejarah panjang yang dilalui PepsiCo untuk bisa masuk ke Indonesia. Produk minuman bersoda ini masuk ke Tanah Air melalui hasil patungan dengan PT Indofood CPB Sukses Makmur Tbk (ICBP) dengan Asahi Group (IASB), perusahaan asal Singapura yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Asahi Holding, Ltd yang ada di Tokyo.

Dilansir Kumparan, pada September 2013, kedua perusahaan tersebut berhasil menyelesaikan transaksi akuisisi saham PT Pepsi-Cola Indobeverage (PCIB). Adapun PCIB merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi, pemasaran, dan distribusi secara eksklusif atas produk minuman beralkohol dari merek Pepsi-Cola seperti, Pepsi, 7Up, dan Propicana Twister di Indonesia.

Pepsi-Asahi.jpg

AIBM bersama IASB keduanya bersama-sama melakukan akuisisi sebanyak 264,11 juta dan 15 ribu saham PCIB. Akuisisi tersebut bernilai USD 30 juta yang dibayai dari dana kas internal perusahaan.

Hingga pada 2 Oktober 2019, Pepsi Indonesia mengumumkan kontrak antara AIBM dan PepsiCO Inc telah berakhir. Keduanya sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama lagi, yang mana per tanggal 10 Oktober 2019, semua produk minuman Pepsi akan ditarik.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Pria

Sekitar enam tahun lamanya, Pepsi mewarnai industri minuman berkarbonasi dalam negeri. Kini, merek dagang asal Amerika Serikat itu tidak akan ada lagi di Indonesia. Belum diketahui secara pasti apa penyebab tidak dilanjutkan keraa sama antar keduanya. Padahal, jika melihat perdagangan Pepsi di Tanah Air sendiri lumayan terjual banyak. Terlebih banyak perusahaan makanan cepat saji yang menjadikan minuman Pepsi sebagai paket penjualan mereka.

Pepsi-KFC.jpg

Menghilangnya Pepsi di Indonesia sudah pasti membuat perusahaan makanan cepat saji di Indonesia harus menjalin kerja sama produk minuman lainnya, terlebih KFC dan Pizza Hut. Direktur PT Sarimelati Kencana Tbk (PIZZA) Jeo Sasanto, pun menanggapi hal tersebut. Ia menyatakan akan menjalin kerja sama lain untuk produk minuman.

Lanjutnya, Jeo Sasanto berencana untuk mengganti pasokan Pepsi dengan pesaingnya, Coca Cola. Dia mengatakan akan menjalin kontrak kerja sama baru dengan Coca-Cola selama lima tahun ke depan.

“Iya rencananya kontrak lima tahun dengan Coca-Cola,” ucapnya seperti yang dilansir dari Kumparan, Kamis (3/10/19).

Baca Juga: 4 Tips Merawat Jenggot dengan Tepat


Share To


inggil

inggil

Oct. 3, 2019, noon


tags : Pepsi Indonesia Asal Usul Pepsi Pepsi Sejarah Pepsi Indonesia Pepsi Menghilang


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 13 December 2019 15:00 p.m.

Mengenal Noko, Seniman Tato Termuda di Dunia

Entertainment 13 December 2019 13:00 p.m.

Mahen Siap Warnai Industri Musik Indonesia

Entertainment 13 December 2019 8:00 a.m.

Lamb of God Lelang Album dan Lirik Tulisan Tangan

History 13 December 2019 7:00 a.m.

Sejarah Deklarasi Djuanda hingga Hari Nusantara