Atur Pola Makan Selama Lebaran, Bantu Cegah Lonjakan Kolesterol.jpg

Atur Pola Makan Selama Lebaran Bantu Cegah Lonjakan Kolesterol

oleh: rachli Life Style Wednesday, 27 April 2022 16:00 p.m.


Mancode - Tidak dipungkiri, hampir sebagian besar masyarakat menjadikan momen Hari Raya Idul Fitri sebagai ajang “balas dendam” untuk menyantap berbagai jenis makanan. Padahal, jika kolesterol melonjak, pastinya momen yang biasa dimanfaatkan untuk silahturahmi ini akan terganggu.

Saat diwawancarai secara virtual beberapa waktu lalu, dokter spesialis gizi klinis RS Siloam Kebon Jeruk, dr. Sheena R. Angelia, M.Gizi, SpGK mengakui sejumlah hidangan yang biasa disajikan di hari lebaran memang bisa memicu lonjakan kolesterol.

“Konsumsi makanan tinggi kolesterol, makanan tinggi lemak jenuh, hingga bersantan dan digoreng bisa memicu lonjakan kolesterol. Apalagi jika selama berpuasa, kita juga canderung berbuka dengan menu yang rendah nilai nutrisinya, tinggi gula dan lemak, diikuti penurunan aktivitas fisik,” katanya.


Hal-hal semacam itu, lanjutnya, dapat menyebabkan timbulnya dislipidemia, yang mendukung terjadiya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan strok. Pencegahan lonjakan kolesterol ini dapat dibantu dengan mengonsumsi plant stanol ester secara rutin.

Plant stanol ester merupakan pangan fungsional dari bahan makanan sumber terutama nabati seperti minyak nabati, gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan.

National Cholesterol Education Program Adult Treatment Panel III (NCEP ATP III) merekomendasikan plant stanol ester sebanyak dua gram per hari harus dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari yang bertujuan untuk mencapai target terapi dislipidemia, yaitu menurunkan kadar LDL. Beberapa penelitian menyebutkan plant stanol ester dapat menurunkan kadar LDL hingga 11 persen.

Efek penurunan kolesterol oleh plant stanol ester umumnya dijelaskan sebagai penurunan absorpsi dari usu kecil. Molekul plant stanol ester yang mirip dengan kolesterol akan berkompetisi dan menggantikan posisi kolesterol di dalam usus sehingga lebih sedikit kolesterol yang diserap. Peningkatan konsentrasi plant stanol di dalam enterosit juga mengaktifkan pembuangan kolesterol kembali ke lumen usus.

“Dengan berkembangnya konsep pangan fungsional, harapan baru pada plant stanol muncul ketika esterifikasi senyawa ini dapat difortifikasi ke dalam beberapa produk makanan. Oleh karena itu, suplementasi plant stanol ester dapat diberikan untuk memenuhi kebutuhan harian, apabila tidak tercukupi dari bahan makanan sumber,” jelanya.

Selain yang dipaparkan dr. Sheena, ada ragam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kenaikan kolesterol di hari kemenangan. Mulai dari mengatur pola makan selama lebaran, memperbanyak minum air puth, menyempatkan diri berolahraga, hingga berhenti merokok.

Baca Juga: Konsumsi Plant Stanol Ester, Bantu Jaga Kadar Kolesterol Selama Ramadan

Baca Juga: Selama Ramadan, Jaga Kadar Kolesterol dengan Atur Asupan Nutrisi

Baca Juga: FKM UI Seminar Online: Menakar Peran AI dalam Dunia Kesehatan




Share To


rachli

rachli

April 27, 2022, 4 p.m.


tags : Plant Stanol Ester Kolesterol Lebara Atur Pola Makan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA