Atlet-Judo-Israel.jpg

Atlet Ini Mundur Saat Jumpa Israel di Olimpiade Tokyo 2020

oleh: inggil Entertainment Tuesday, 27 July 2021 14:00 p.m.


Mancode - Ajang pesta olahraga, Olimpiade Tokyo 2020 diwarnai kejadian kurang menyenangkan dari cabang olahraga Judo. Bukan karena aksi sang atlet melainkan condong menjurus pada sentimen politik identitas secara global, yakni Israel. Judoka asal Aljazair, Fethi Nourine dan Judoka asal Sudan, Mohamed Abdalrasool memilih untuk mundur ketika harus berhadapan dengan Judoka asal Israel, Tohar Butbul.

Dikutip dari Japantoday, Senin (26/7), Yayasan Judo Internasional tidak segera mengumumkan alasan mengapa Abdalrasool tak bertanding. Badan Olahraga Judo tersebut juga menolak untuk memberikan komentar. Ofisial Olimpiade Sudan juga memilih untuk bungkam.

Sejatinya, Abdalrasool harus tampil pada babak 32 besar yang dihelat Senin 26 Juli 2021. Atlet asal Sudan itu bakal bertemu Butbul pada kelas 73 kg. Addalrassol sendiri merupakan judoka peringkat ke-469 dunia dalam kelasnya.


Di tahun 2019 Judoka asal Aljazair, Nourine ternyata juga pernah mundur dari kejuaraan Judo Dunia saat dijadwalkan dengan Butbul. Keputusan Nourine untuk mundur ternyata mendapatkan dukungan dari pelatihnya Amar Benikhlef. Keduanya mundur karena enggan melawan negara yang telah menjajah Bumi Palestina.

Sementara, Benikhlef merasa sangat tidak beruntung terhadap hasil undian pertandingan. Padahal, timnya sangat menghindari berhadapan dengan atlet Israel. Bukan karena takut, tapi ia ingin menyampaikan protes atas aksi penjajahan yang sampai kini dilakukan oleh serdadu Israel.

Atlet-Judo.jpg

''Kami mendapatkan lawan Israel dan itulah mengapa kami mundur. Kami memilih keputusan yang tepat,'' tegas Benikhlef.

Setelah IJF melakukan investigasi, Nourine dan Benikhlef pun dipulangkan dari Olimpiade Tokyo dan diskor. Tapi keduanya merasa keputusan itu sesuai dengan filosofi Federasi Judo Internasional yang telah menerapkan kebijakan anti-diskriminasi dan mempromosikan solidaritas.

Selain dua joduka tadi, kejadian serupa juga sempat memberikan polemik pada gelaran Olimpiade Tokyo ini. Atlet dari negara lain seperti Mesir, Iran sempat juga menolak bertanding melawan atlet Israel. Saeid Mollaei jadi atlet Iran yang paling disorot.

Baca Juga: Kevin/Marcus Melaju ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Baca Juga: Atlet Anggar Olimpiade AS Alen Hadzic Dituduh Lakukan Kekerasan Seksual

Baca Juga: Kokona Hiraki, Skateboarder Termuda Olimpiade Tokyo




Share To


inggil

inggil

July 27, 2021, 2 p.m.


tags : Atlet Judo Mundur cabang olahraga Judo Atlet Judo Israel Butbul Palestina Israel Mohamed Abdalrasool Fethi Nourine Atlet Judo Olimpiade Tokyo 2020


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 6 September 2021 7:00 a.m.

Melihat Spesifikasi Buas Honda NSX Type S

Life Style 24 August 2021 6:00 a.m.

Penjelasan OnlyFans Larang Konten Seksual

Technology 18 August 2021 13:00 p.m.

COOCAA S7G: Pilihan Android TV Ramah Kantong