Pasangan Jepang.jpg

Asyiknya, Menikah di Jepang dapat Insentif Rp84 Juta

oleh: galih Life Style Tuesday, 29 September 2020 12:00 p.m.


Mancode – Angka kelahiran bayi di Jepang sangat rendah. Ini dikaitkan dengan budaya para pekerja yang 'gila kerja'. Saking fokusnya terhadap pekerjaan, para pekerja muda menyampingkan urusan asmara mereka. Melihat kondisi ini, Pemerintah Jepang pun mengeluarkan kebijakan baru, di mana para generasi muda yang hendak menikah akan diberikan dana insentif.

Mengutip nextshark, pasangan baru menikah akan menerima dana sebesar 600 ribu Yen atau setara dengan Rp84 juta. Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengatasi rendahnya angka kelahiran karena pasangan suami istri cenderung memiliki dua anak, meskipun rata-rata jumlah anak yang akan melahirkan seorang wanita seumur hidupnya adalah 1,36 tahun lalu dengan rekor terendah yang lahir 865.000 bayi.

Insentif ekonomi dianggap efektif untuk mendorong warga Jepang menikah. Pasalnya, dalam survei yang dilakukan National Institute of Population and Social Riset Keamanan mencatat 29,1 persen pria lajang berusia 25 hingga 34 tahun dan 17,8 persen wanita lajang menyebutkan kurangnya dana pernikahan sebagai alasan mereka tidak menikah.

Untuk mendapatkan dana tersebut, tentu ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi. Pengantin harus berusia 34 tahun atau lebih muda dan memiliki penghasilan gabungan tidak lebih dari 4,8 juta Yen atau Rp678 juta.

Saat ini, hanya 281 kota, atau 15 persen dari semua kota besar, kota kecil dan desa di Jepang, yang telah mengadopsi program tersebut pada Juli 2020.

Sebelumnya, program ini sebenarnya sudah digalakkan dengan uang kompensasi sebesar 300 ribu Yen, namun mulai April lalu, Pemerintah Jepang menggandakan yang kompensasi menjadi dua kali lipat.

Lewat dana insentif atau bantuan tersebut, Pemerintah Jepang berharap bisa mendorong sekaligus membantu para generasi muda untuk membangun keluarga dan tak ragu untuk memiliki anak.

Baca Juga: Deretan Selebriti Cantik yang Diam-diam Menikah 3 Kali

Baca Juga: Ada Toilet Umum Tembus Pandang di Jepang, Berani Coba?

Baca Juga: Miliarder Jepang Mencari Pacar untuk Diajak ke Bulan


Share To


galih

galih

Sept. 29, 2020, noon


tags : Menikah di Jepang pasangan pengantin Insentif Menikah Menikah Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like