Hari Ayah Nasional.jpg

Asal-usul Peringatan Hari Ayah Nasional

oleh: galih History Thursday, 12 November 2020 10:00 a.m.


Mancode – Peringatan Hari Ayah yang jatuh pada 12 November, hari ini dirayakan oleh Google doodle di Indonesia dengan ilustrasi perlengkapan prakarya, seperti gunting, kertas, pensil, dan lainnya. Ketika google doodle di-klik, para pengguna internet diajak membuat prakarya yang didedikasikan untuk sang ayah tercinta.

Menurut sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, di Indonesia, Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban satu hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Pada 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu.

Acara ini disambut antusias oleh peserta sehingga menanyakan kapan peringatan yang sama untuk Ayah digelar. Peserta kegiatan ini berpendapat ayah juga memiliki peran penting dan selama ini belum ada perayaan Hari Ayah di Indonesia.

“Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi”. Pertanyaan tersebut menggugah hati untuk mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”. Deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta bupati di 4 penjuru Indonesia. Di antaranya Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote. Setelah itulah, setiap 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

Di negara lain, Hari Ayah sudah mulai diperingati sejak awal abad ke-12. Dalam peringatan itu, biasanya dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan untuk menghormati ayah sebagai tulang punggung, sandaran dan pelindung dalam sebuah rumah tangga.

Baca Juga: Deretan Fakta Sejarah Hari Pahlawan 10 November

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Hari Aksara Internasional

Baca Juga: Menilik Sejarah Peringatan Hari Bumi Sedunia


Share To


galih

galih

Nov. 12, 2020, 10 a.m.


tags : Hari Ayah Nasional Peringatan Hari Anak Nasional Sejarah Peringatan Hari Ayah History


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 28 November 2020 7:00 a.m.

Bayar BBM di Shell Kini Bisa Pakai GoPay

Life Style 27 November 2020 10:00 a.m.

Bertentangan Agama, Halima Aden Berhenti jadi Model

Entertainment 27 November 2020 9:00 a.m.

Lewat “So What?”, Mima Ajak Pendengar Cintai Diri Sendiri

Life Style 27 November 2020 8:00 a.m.

Goodyear Eagle F1 Sport Bidik Sedan Menengah