Manufaktur Digital.jpg

Arcstone Luncurkan Peta Jalan Manufaktur Digital

oleh: galih Technology Wednesday, 1 September 2021 16:00 p.m.


Mancode - Perusahaan perangkat lunak manufaktur, Arcstone meluncurkan peta jalan manufaktur digital untuk Indonesia yang berlaku hingga 2025. Peta jalan ini dibuat untuk berkontribusi terhadap inisiatif PIDI (Pusat Informasi Digital Industri) yang bertujuan meningkatkan GDP Indonesia hingga 120 miliar dolar AS dan meningkatkan produktivitas manufaktur hingga 70 persen, sekaligus menciptakan 20 juta lapangan kerja baru pada 2030.

Melalui sistem eksekusi manufaktur (MES=Manufacturing Execution Systems) dan perangkat lunak mata rantai pasokan yang lengkap, peta jalan Arcstone berfokus pada tiga bagian, yaitu merangkul bidang pendidikan, mengembangkan ekosistem penyedia integrasi sistem (SI=System Integrators), dan mendirikan pusat demonstrasi.

“Industri manufaktur di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Tantangan yang paling penting untuk diatasi adalah pendidikan. Prioritas Arcstone saat ini di Indonesia adalah memajukan pemikiran ke arah digitalisasi dan menyelaraskan bakat-bakat lokal yang ada dengan para produsen dan penyedia layanan,” ujar Willson Deng, Chief Executive Officer di Arcstone dalam siaran pernya yang diterima Mancode.id, Rabu (1/9/2021).


Menurutnya, perusahaan akan memupuk bakat-bakat manufaktur lokal generasi baru dengan berkolaborasi dengan 27 institut dan 5 universitas. Mereka akan menyediakan pelatihan dan sertifikasi keahlian manufaktur digital bertaraf industri kepada pelajar.

“Arcstone hendak mempersiapkan mereka untuk Industri 4.0 sekaligus mengurangi kelangkaan tenaga ahli dalam bidang manufaktur,” tambah Wilson.

Lebih jauh dia menjelaskan, integrasi solusi dengan perangkat keras yang kompleks adalah kendala yang sering dijumpai. Ini membuat produsen urung mendigitalisasikan usahanya. “Makanya, Arcstone hendak menciptakan lingkungan yang aman bagi penyedia perangkat keras untuk mengemas produknya dengan solusi digital dan bersama-sama memasuki pasar,” tutur Wilson.

Beberapa mitra kunci yang akan mendukung ekosistem ini adalah Telkomsel, OMRON Indonesia, dan Wellracom Indonesia, yang merupakan pemain-pemain penting dalam menunjang keberhasilan Industri 4.0 di Indonesia.

Selain itu, Arcstone juga akan meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap transformasi digital di kalangan produsen lokal melalui pembangunan pusat demonstrasi di seluruh wilayah di Indonesia. Pada Oktober 2021, Arcstone akan meluncurkan pusat pertama di Kantor Pusat PIDI, yang memiliki demo produksi makanan dan minuman, serta otomotif secara langsung.

“PIDI 4.0 mempercepat transformasi Anda, PIDI 4.0 juga merupakan solusi lengkap menuju transformasi industri 4.0 di Indonesia, dan menjadi jendela Indonesia 4.0 kepada dunia,”kata Bayu Giri, perwakilan dari PIDI.

Baca Juga: Lima Prediksi Industri Manufaktur Tahun 2021

Baca Juga: Indonet Terus Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Baca Juga: Line Mulai Merambat ke Dunia Bank Digital




Share To


galih

galih

Sept. 1, 2021, 4 p.m.


tags : Manufaktur Digital Technology Peta Jalan Manufaktur Digital Arcstone


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 21 October 2021 9:00 a.m.

AMI Awards Ke-24 Siap Digelar

Life Style 19 October 2021 11:00 a.m.

Seri Kelima HRSC Lahirkan Juara Baru

Entertainment 5 October 2021 6:00 a.m.

Rekaman John Lennon dan Yoko Ono Dilelang Laku Rp832 Juta!

Entertainment 28 September 2021 8:00 a.m.

Hore! Pemerintah Izinkan Penyelenggaraan Konser Musik