Kodir-SMPN1-TURI.jpg

Sosok Kodir, Sang Penyelamat Siswa SMPN 1 Turi

oleh: inggil History Monday, 24 February 2020 15:00 p.m.


Mancode - Sosoknya asing terdengar bukan seperti pejabat pemerintah, pegiat politik ataupun selebritis pencari sensansi. Namun, ungkapan pahlawan pantas disandang bagi sosok satu ini, ya dia adalah Kodir pria 37 tahun yang menyelamatkan puluhan siswa SMPN 1 Turi. Seperti yang diberitakan berbagai media Sleman, kala itu sedang berduka, sebab ratusan pelajar terseret derasnya arus sungai.

Jumat, 21 Februari 2020, kisah duka menyelimuti Kota Sleman, yang awalnya ada kegiatan susur sungai menyenangkan malah menjadi bencana bagi pelajar SMPN 1 Turi. Bisa dibilang ini musibah ini paling memilukan atas kecerobohan dan kesoktauan dari sang Pembina untuk menyusuri sungai berujung malang bagi para anak didiknya.

Penegak hukum pun bergerak cepat dan telah menetapkan salah satu Pembina sebagai tersangka atas kelalaian dan kecerobohan. Apalagi, pernyataan yang membuat kita geleng-geleng kepala sendiri. Bukannya malah menemani susur sungai malah meneduh di sekolah karena hujan deras.

Hujan deras ditambah aliran sungai yang kencang tentu menjadi hal berat bagi para pelajar yang menyusuri tempat kejadian, atas hal itulah banyak pelajar yang terseret hanyut.

Kodir yang kala itu ingin memancing seperti biasanya, belum sempat ditaruhnya alat pancing. Ia mendengar jeritan minta tolong dari puluhan murid SMPN 1 Turi. Tanpa pikir panjang, Kodir pun langsung terjun ke sungai dan menemukan sekumpulan anak-anak yang terjebak arus sungai yang deras.

“Saya langsung lari ke bawah, ternyata ada sekumpulan anak-anak dengan seragam Pramuka yang minta tolong, ada juga yang menangis, saya langsung terjun ke sungai,” ungkap Kodir.

“Saya mengambil tangga agar mereka bisa naik ke sisi sungai. Tangga juga saya pakai untuk menyeberangi Kali Sempor. Saat itu siswa yang hanyut kebanyakan wanita.”

Aksi heroik sendiri yang dilakukan Kodir memang patut diberi apresiasi sebesar-besarnya. Apalagi, dia menyelamatkan nyawa seseorang yang bisa saja membuatnya kehilangan nyawa.

Mendengar nama Kodir, Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun pun mengunjungi rumahnya. Dalam kunjungan tersebut, Ibu Sri mengucapkan terima kasih banyak kepada Kodir karena telah menjadi malaikat penyelamat. Tambahnya, beliau menuturkan jika semangat juang yang dilakukan Kodir adalah cerminan bagi warga Sleman.

Wakil-Bupati-Sleman-Kodir.jpg

Lanjutnya, Wakil Bupati Sleman tersebut berharap agar sikap yang dilakukan Kodir mampu ditiru oleh semua insan manusia. Bukankah sebaik-baiknya manusia dia yang membantu satu sama lain tanpa perlu memandang bukan?

Sebagai rasa terimakasih, Ibu Sri pun memberi tali kasih kepada Kodir dan Sudiro. Keduanya memang berhak mendapatkan hal itu atas perjuangannya.

Kami dari tim Mancode juga turut berduka cita atas kejadian yang menimpa pelajar SMPN 1 Turi. Ketegaran serta ketabahan sebesar-besarnya bagi orang tua korban dan doa sedalam-dalamnya dari kami.

Baca Juga: Sosok BJ Habibie Salah Satu Orang Terpintar Indonesia


Share To


inggil

inggil

Feb. 24, 2020, 3 p.m.


tags : Sleman Berduka Penyelamat Pelajar SMPN 1 Turi SMPN 1 Turi Sungai Sempor Kodir


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 8 April 2020 20:00 p.m.

Musisi Tanah Air Berduka Atas Kepergian Glenn Fredly

Entertainment 8 April 2020 20:00 p.m.

Glenn Fredly Tutup Usia