Pelacak Covid-19.jpg

Apple Hadirkan Fitur Baru Pelacak Covid-19

oleh: galih Technology Thursday, 3 September 2020 9:00 a.m.


Mancode – Setelah merilis iOS 13.6.1 pada Agustus lalu, Apple kembali melakukan pembaruan atau update iOS versi 13.7. Pembaruan tersebut menghadirkan sebuah fitur baru yang berhubungan dengan masa pandemi Covid-19. Seperti apa fiturnya?

Adalah Exposure Notifications, fitur yang dihadirkan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini bisa mengingatkan pengguna jika mereka berada dalam radius pengguna lainnya yang telah terpapar Covid-19. Bisa dikatakan, iOS 13.7 mampu mendeteksi orang yang positif terdampak Covid-19.

Untuk menggunakan fitur Exposure Notifications, para penguna iPhone tak perlu lagi menginstal contact tracking dari pihak ketiga seperti aplikasi Peduli Lindungi dari Indonesia untuk melacak pasien Covid-19. Sebab, fitur ini hadir dengan mengandalkan Application Programming Interface (API) dari rancangan Apple dan Google.

Jadi, para pengguna iPhone cukup mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini hanya melalui halaman pengaturan atau settings.

Teknis Kerja Fitur Exposure Notifications

Iphone Versi 13.7.jpg

Fitur Exposure Notifications mengandalkan Bluetooth untuk mendeteksi perangkat pengguna lainnya yang berada dalam jangkauan. Apabila pengguna berdekatan dengan orang yang terpapar Covid-19, maka mereka akan mendapatkan notifikasi dan pentunjuk terkait apa saja yang harus dilakukan agar tetap terhindari dari Covid-19.

Agar bekerja optimal, fitur ini menggandeng otoritas di negara yang bersangkutan. Pasalnya, hanya otoritas kesehatan yang bisa memasukkan data Covid-19 ke ponsel pengguna, apabila mereka dinyatakan positif Covid-19.

Data tersebut tersimpan di ponsel pengguna, bukan secara online di dalam server atau cloud. Google dan Apple mengklaim, data tersebut tak menggunakan data GPS untuk melacak pasien dan mengutamakan privasi penggunanya. Artinya, data tersebut tak akan tersebar, sehingga tak disalahgunakan oleh oknum tertentu.

Sementara, proses untuk memasukkan data riwayat Covid-19 sendiri, harus mendapatkan izin si pemilik ponsel.

Lalu, bagaimana cara melakukan pembaruan iOS 13.7? Kamu cukup memilih menu ‘Settings’, kemudian pilih ‘General’ dan pilih menu ‘Software Update’. Setelah, pilih opsi ‘Download and Install’.

Selain Apple, kabarnya fitur untuk mendeteksi orang terpapar Covid-19 juga dihadirkan di perangkat Android. Para penggunanya akan mendapatkan perintah dari sistem operasi ponsel. Berbeda dengan Apple, untuk mendapatkan fitur pendeteksi Covid-19, pengguna Android tetap harus mengunduh aplikasi khusus.

Baca Juga: Mengenal 8 Fitur Baru Android 10 pada Smartphone

Baca Juga: 10 Fitur Unggulan Menarik iOS 13

Baca Juga: Mengenal 8 Fitur Baru Android 10 pada Smartphone


Share To


galih

galih

Sept. 3, 2020, 9 a.m.


tags : Apple Technology Covid-19 Iphone Pelacak Covid-19 Iphone Versi 13.7 Iphone


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global