Yayasan-Anugerah-Musik-Indonesia.jpg

AMI Awards 2019 Angkat Tema Musik Bahasa Dunia

oleh: rachli Entertainment Wednesday, 9 October 2019 15:00 p.m.


Ajang penghargaan bagi industri musik Indonesia, Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) kembali digelar pada 28 November 2019 mendatang. Memasuki tahun ke-22, ajang penghargaan yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) ini mengusung tema Musik Bahasa Dunia.

Tema Musik Bahasa Dunia diusung setelah mengamati karya-karya musisi Indonesia semakin meningkat secara kualitas, bisa bersaing dengan karya musisi luar negeri, dan bahkan dinikmati oleh penggemar musik mancanegara.

Baca Juga: Jakarta Rock Space Siap Hangatkan Jakarta

“Kualitas yang ditunjukkan musisi dalam negeri kini semakin bagus. Tidak sedikit karya lokal yang telah didengar oleh penggemar musik mancanegara,” kata Ketua Umum YAMI Dwiki Dharmawan, dalam keterangan pers yang diterima Mancode (9/10/2019).

Generasi X dan Y yang mempunyai aspirasi besar di bidang musik juga semakin memiliki kesempatan lebih mudah untuk mengeksplorasi musik. Bahkan, mereka bisa berkolaborasi dengan musisi dan produser mancanegara.

Pilihan dalam menciptakan musik dalam bahasa Inggris turut memberi peluang karya mereka untuk dinikmati secara internasional. Sehingga tidak heran jika dalam layanan musik digital, karya musik dari Indonesia bisa dalam satu playlist dengan musisi mancanegara.

Tidak hanya itu, keberanian mengusung bahasa daerah dalam karya musik anak bangsa juga patut diapresiasi. Dengan begitu, hal ini membuktikan bahwa musik sebagai bahasa dunia bisa dinikmati tanpa batas secara universal.

Baca Juga: Calvin Harris Siap Ramaikan DWP 2019

Tema Musik Bahasa Dunia ini juga merupakan kesinambungan dari tema-tema sebelumnya. Di mana, pada 2016 AMI Awards membawa tema Music Is My Identity. Dilanjutkan dengan tema Musik Tanpa Batas pada 2017 ketika era digital semakin berkembang.

Kemudian, pada 2018 AMI Awards mengangkat tema Satu Musik Indonesia, di mana tidak ada lagi pemisahan antara musik di ranah mainstream atau sidestream. Hal itu dikarenakan semua musik punya kesempatan yang sama untuk dinikmati dalam satu layanan digital.

Tahun ini, YAMI berhasil menghimpun 1973 karya yang dikurasi secara kompeten oleh para entrees. Terkait penyeleksian karya, YAMI hingga saat ini terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas anggotanya yang tercatat sudah ada sekitar 2.754.

Mengutip akun Instagram AMI Awards, 1973 adalah jumlah lagu yang didaftarkan ke AMI Awards. Besarnya atensi para pelaku industi musik Indonesia sangat berpengaruh dengan semakin meningkatnya jumlah entry lagu di tiga tahun terakhir ini.

Baca Juga: Hammersonic Festival Bakal Hadir Kembali

“Kami (YAMI) ingin menjadi jembatan untuk musisi Indonesia agar dapat bersinar di mancanegara. Sudah saatnya insan musik Indonesia lebih maju dan lebih kreatif lagi dalam industri musik,” sambung Dwiki.


Share To


rachli

rachli

Oct. 9, 2019, 3:06 p.m.


tags : AMI Awards 2019 Yayasan Anugerah Musik Indonesia Industri Musik Indonesia YAMI Musik Bahasa Dunia Dwiki Dharmawan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 13 December 2019 7:00 a.m.

Sejarah Deklarasi Djuanda hingga Hari Nusantara

Technology 12 December 2019 16:00 p.m.

Ini Spesifikasi Laptop Anyar dari MSI

Life Style 12 December 2019 16:00 p.m.

Waspada! Sedotan Besi Lebih Membahayakan Lingkungan