Amerika-Serikat.jpg

Amerika Serikat Sumbang USD30 Juta untuk Indonesia

oleh: inggil Life Style Wednesday, 4 August 2021 5:00 a.m.


Mancode - Wabah pandemi Covid-19 yang masih melanda di Indonesia membuat beberapa negara turun tangan untuk ikut membantu. Terbaru, Amerika Serikat menambah bantuan senilai USD30 juta untuk Indonesia dalam penanganan Covid-19. Bantuan tersebut berupa pasokan oksigen hingga obat-obatan.

Komitmen mengenai tambahan bantuan dari AS itu disampaikan Penasihat Keamanan Nasional AS (NSA), Jake Sullivan, saat bertemu Menlu RI Retno Marsudi, seperti dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021). Retno juga menegaskan kehadirannya di Washington, DC, sebagai bukti komitmen Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral RI-AS.

"Menlu Retno dan NSA Sullivan membahas kerja sama untuk mengatasi pandemi COVID-19. Pada pertemuan tersebut, NSA Sullivan menyampaikan komitmen tambahan dukungan kerja sama AS sebesar USD 30 juta berupa pasokan peralatan oksigen, alat kesehatan dan obat-obatan. Dengan dukungan tambahan ini, maka total dukungan kerja sama AS sejak awal pandemi sebesar USD 65 juta," demikian keterangan tertulis dari Kemlu.


Tidak hanya itu saja Amerika Serikat juga memberi dukungan kerja sama berupa dose-sharing vaksin Moderna melalui Covax Facility berjumlah 8.000.160 dosis. Diketahui saat ini tambahan vaksin Moderna yang telah datang di Indonesia berjumlah 3,5 juta pada minggu (1/8) lalu.

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno juga membahas kerja sama jangka panjang Indonesia-AS di bidang kesehatan agar kapasitas nasional, regional, dan global lebih baik dalam menghadapi pandemi.

"Indonesia mengharapkan dukungan AS untuk dapat membangun kapasitas Indonesia dalam membuat vaksin teknologi terkini yang berbasis mRNA dan obat terupatik penyakit menular," ujar Retno.

Isu kawasan dan global yang menjadi perhatian dalam pertemuan tersebut antara lain perkembangan di Myanmar, kerja sama di kawasan Indo-Pasifik, serta proses perdamaian di Afghanistan dan Lingkungan Hidup. Menlu Retno dan Sullivan juga menyadari pentingnya semua pihak dapat terus berkontribusi bagi upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Indonesia menyampaikan bahwa ASEAN terbuka melakukan kerja sama konkret bagi pelaksanaan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, dengan fokus pada 4 prioritas, yaitu kerja sama di bidang maritim, konektivitas, SDGs, dan perdagangan investasi.

Perihal isu Afghanistan, keduanya berkomitmen untuk terus mendorong proses perdamaian di Afghanistan yang diterima oleh seluruh pihak serta sesuai keinginan rakyat Afghanistan. Menlu Retno menyampaikan bahwa Indonesia akan melanjutkan kerjasama dengan Afghanistan, terutama di bidang pemberdayaan perempuan.

Baca Juga: Joe Biden Resmi Jadi Presiden Amerika Serikat ke-46

Baca Juga: Shopee Sumbang 1000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin

Baca Juga: Badai Pasir Besar Selimuti Kota Dunhuang China




Share To


inggil

inggil

Aug. 4, 2021, 5 a.m.


tags : Menlu Retno Marsudi Amerika Serikat Pandemi Covid-19 Amerika Serikat Bantu Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 28 November 2021 6:00 a.m.

BINI & BGYO Mulai Menyapa Pasar Indonesia

Entertainment 22 November 2021 11:00 a.m.

Daftar Pemenang American Music Awards 2021

Entertainment 15 November 2021 15:00 p.m.

Gugun Blues Shelter Rilis Versi Digital Album GBSFEST