Twitter-Fleet.jpg

Alasan Twitter Hapus Fitur Fleet

oleh: inggil Technology Thursday, 22 July 2021 12:00 p.m.


Mancode - Belum ada satu tahun sejak kehadiran fitur Fleet di Twitter bakal dihapus oleh sang developer. Sejak kehadiran fitur ini pada November tahun lalu alih-alih ada peningkatan Twitter malah akan menghapus Fleet pada 3 Agustus 2021 mendatang. Salah satu alasan mendasar kenapa bakal dihapus dikarenakan 8 peluncurannya ternyata sepi peminat.

“Kami tidak melihat peningkatan jumlah pengguna baru yang bergabung dengan Fleet seperti yang kami harapkan," tulis Head of Product, Brand & Video Ads Twitter Ilya Brown, dalam unggahan blog resminya.

Keputusan Twitter untuk menghentikan Fleet bukan hanya karena fitur tersebut tidak berfungsi, tetapi perusahaan masih belum menemukan formula yang bisa membuat pengguna lebih banyak men-tweet.


Kabar penutupan ini mungkin saja melegakan bagi pengguna yang menolak kehadiran Fleets sejak awal. Pada awal kemunculannya, Twitter Fleets cukup menimbulkan pro-kontra, ada yang suka dan tidak suka. Bagi sebagian orang, kehadiran Fleet membuat Twitter sama saja dengan media sosial lain yang memiliki fitur Stories seperti Instagram, Snapchat, Facebook, hingga WhatsApp.

Fitur-Fleet-Twitter.jpg

Pihak Twitter sendiri mengatakan bahwa mereka awalnya berharap Fleets bisa mendorong lebih banyak orang untuk berkomunikasi, namun nyatanya hal ini nggak terjadi demikian. Untuk itu, Twitter akhirnya memutuskan akan menghapus fitur ini dan akan fokus pada bagian lain di Twitter.

Sebelum akhirnya berhenti beroperasi, Twitter baru aja ngeluarin fitur Spaces yang juga mirip dengan Clubhouse. Untuk kedua fitur ini, Spaces dan Fleets bisa kalian temukan pada bagian atas timeline Twitter.

Fitur-Spaces-Twitter.jpg

Namun, karena akan ditutup nanti pada awal Agustus, nantinya area yang awalnya diisi dengan Fleets tersebut bakal hanya berisi Spaces. Untuk penggunaan Spaces sendiri memang lebih masif dibandingkan dengan penggunaan Fleets.

Keputusan Twitter untuk menghentikan fitur ini bukan hanya menjadi pengakuan bahwa fitur tersebut tidak berfungsi seperti yang diharapkan, tetapi untuk penyelesaiannya sendiri. Selama bertahun-tahun lamanya, Twitter emang mencoba mati-matian untuk survive bagi para penggunanya, agar membuat postingan secara teratur dan tidak hanya menggunakan tweet orang lain.

Kendati Fleet dimatikan, beberapa kemampuannya akan tetap ada. Perusahaan berlogo burung biru ini akan fokus untuk menciptakan cara lain bagi pengguna agar dapat bergabung dalam percakapan.

"Segera, kami akan menguji pembaruan pada composer dan kamera untuk menggabungkan fitur dari fleet seperti kamera layar penuh, opsi pemformatan teks, dan stiker GIF," imbuh Brown.

Baca Juga: Donald Trump Tuntut Twitter, Facebook dan Youtube

Baca Juga: Peretas Twitter Tokoh Dunia Asal Inggris Ditangkap di Spanyol

Baca Juga: Twitter Tutup 70.000 akun yang Berhubungan dengan QAnon




Share To


inggil

inggil

July 22, 2021, noon


tags : Twitter Twitter Hapus Fitur Fleet Twitter Fleet Penyebab Fleet Dihapus Twitter Alasan Fitur Fleet Dihapus Twitter Twitter Space


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 8 July 2021 14:00 p.m.

Gitaris Band Dadali, Yuda Meninggal Dunia

Entertainment 2 July 2021 8:00 a.m.

MU Resmi Gaet Jadon Sancho dari Borussia Dortmund