Cemburuan.jpg

Alasan Mengapa Wanita Mudah Cemburu

oleh: fachrul Life Style Friday, 15 November 2019 11:00 a.m.


Jika kamu sedang menjalin hubungan, atau ingin menjalin sebuah hubungan, kamu mungkin harus menyadari hal-hal yang dapat membuat wanita cemburu. Tentu saja, hal-hal ini akan berbeda dari satu wanita ke wanita lain, karena tidak semua wanita sama. Tetapi, penting untuk mewaspadai beberapa hal yang menyangkut perasaan dan tindakan umum yang sering menimbulkan kecemburuan. Jika kamu mengetahui hal-hal ini, kamu dapat menghindarinya dan dapat menjaga hubunganmu tetap seimbang.

Berikut 10 hal yang dapat membuat seorang wanita cemburu:

Ketidakamanan

Ketidakamanan adalah fenomena yang terjadi pada pria dan wanita, jelas psikiater dan kontributor 'Today' Dr. Gail Saltz. Ketika seorang wanita merasa sangat tidak aman, dia tidak akan bisa percaya bahwa suami atau pacarnya benar-benar tertarik padanya. Ketidakamanan ini akan terwujud ketika dia melihat pasangannya berinteraksi dengan wanita lain, dan dia semakin yakin bahwa dia tidak layak mendapat cintanya. Semakin tidak aman seorang wanita, semakin cenderung dia untuk cemburu.

Kebutuhan

Beberapa wanita membutuhkan banyak perhatian dan kasih sayang. Ini bisa berakar dari rasa tidak aman, jelas B. Tessina, pakar pernikahan resmi dan terapis keluarga. Beberapa orang membutuhkan perhatian lebih dari yang lain. Hal ini dapat menimbulkan kecemburuan karena jika kamu memberi perhatian seseorang, seorang wanita yang tidak aman dapat berasumsi bahwa ini akan mengurangi perhatian yang biasanya ia terima darimu. Karenanya, seorang wanita yang sangat membutuhkan tidak akan menyukai perhatian pacarnya untuk dimonopoli oleh wanita lain. Jika ya, dia akan cemburu.

Persepsi Keunggulan

Jika seorang wanita bersama seorang pria yang dia lihat secara substansial lebih unggul darinya, baik itu dalam penampilan, kebugaran, mode atau finansial, maka dia mungkin menjadi cemburu di sekitarnya. Ini juga bermuara pada rasa tidak aman dalam diri seseorang dan perasaan merasa tidak mampu. Sampai seorang wanita menyadari bahwa dia cukup dan merasa aman dalam hubungan dan cinta pasangannya untuknya, dia akan terus mengalami emosi kecemburuan tersebut.

Teman Wanita

Wanita yang berada dalam suatu hubungan kadang-kadang menjadi iri dengan teman perempuan pacar mereka. Terutama jika ada sejarah romantis antara pacar dan teman-teman yang bersangkutan. Kecemburuan ini disebabkan karena melihat hubungan dekat yang dinikmati sebagian pria dengan teman-teman wanita mereka. Beberapa pacar yang tidak aman akan iri dengan apa yang mereka anggap sebagai keintiman emosional.

Masalah Kepercayaan

Beberapa wanita kesulitan memercayai pasangannya. Hal ini sering terjadi karena mereka dikhianati di masa lalu, baik oleh pacar, suami atau bahkan anggota keluarga atau teman dekat. Setelah kepercayaan ini rusak, sangat sulit untuk kembali. Jika seorang wanita tidak mempercayai pacarnya, dia akan lebih cenderung mudah cemburu.

Kurang Informasi

Kecemburuan dapat berasal dari kurangnya informasi. Misalnya, jika seorang wanita melihat foto-foto pacarnya dengan wanita lain di situs jejaring sosial, dia mungkin akan cemburu, apalagi jika dia tidak tahu siapa wanita tersebut. Hal itu terjadi karena imajinasinya berjalan liar dengan yang tidak diketahui. Jika dia tidak tahu bahwa wanita itu adalah saudara perempuannya, pacar sahabatnya, atau teman sekamarnya, maka dia dapat menciptakan sejarah romantis yang terhubung, lagi-lagi karena kurangnya informasi.

Koneksi Tidak Cukup

Wanita bisa cemburu jika pasangannya tidak menghabiskan cukup waktu bersama mereka. Jika kamu tidak menghabiskan cukup waktu dengan pacarmu, maka kamu gagal membina hubungan di antara kalian. Karena koneksi ini menjadi kurang kuat, dia mungkin menjadi lebih tidak aman dalam hubungan. Rasa tidak aman ini akan memanifestasikan dirinya sebagai kecemburuan. Jadi, pastikan kamu meluangkan waktu untuknya, jika kamu tipe lelaki yang sering bepergian, sering bekerja atau menghabiskan waktu mengerjakan suatu proyek.

Memamerkan

Tidak semua kecemburuan ada dalam hubungan romantis. Perempuan (dan laki-laki) kadang-kadang akan cemburu pada teman sebayanya jika mereka memiliki hal-hal yang lebih baik, lebih banyak uang dan umumnya memberikan persepsi tentang kehidupan yang lebih baik. Kecemburuan ini kadang-kadang dipicu oleh orang-orang yang menjadi fokusnya, jika seseorang mendapatkan mobil baru dan memastikan untuk menjemput sahabatnya di dalamnya, hal itu mungkin dapat memicu temannya cemburu dengan menunjukkan mobilnya.

Interpretasi Perilaku

Kecemburuan datang dari cara seseorang menafsirkan perilaku orang lain. Seorang wanita dapat menjadi cemburu semata-mata karena cara dia menafsirkan cara suaminya memandang, atau berbicara dengan wanita lain. Penafsiran ini datang dari dalam dirinya, bukan dari perilaku suaminya.

Asumsi yang Masuk Akal

Kecemburuan tidak selalu masuk akal. Jika pacar wanita secara konsisten sulit dijangkau dan secara konsisten pulang terlambat berbau seperti wangi parfum orang lain, maka dia kemungkinan akan cemburu. Namun, kecemburuan ini tidak masuk akal, terutama jika dia tidak dapat memberikan alasan mengapa dia tidak menjawab teleponnya dan dari mana bau parfum itu berasal. Perlu diingat bahwa, meskipun kecemburuan memang berasal dari rasa tidak aman, hal tersebut tidak berarti selalu salah dan tidak rasional.

Baca Juga: Penyebab Wanita Doyan Selingkuh


Share To


fachrul

fachrul

Nov. 15, 2019, 11:39 a.m.


tags : Wanita cemburu Cemburu Selingkuh Survey Riset


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru