App-Store-Apple.jpg

Alasan Apple Beri Fitur Rating di App Store

oleh: inggil Technology Saturday, 2 October 2021 8:00 a.m.


Mancode - Para pengguna iPhone dan iPad akhirnya bisa memberikan rating untuk aplikasi di App Store. Fitur semacam ini sebenarnya sudah lama ada di Android. Sejak perilisan iOS 15 awal bulan ini, Apple mulai mengijinkan pengguna untuk memberi rating dan review pada aplikasi bawaan iOS di App Store.

Pengguna bisa memberikan seluruh penilaiannya tentang aplikasi bawaan iPhone dan iPad seperti Mail, Music, News, Stock, Calculator, dll.

Selama bertahun-tahun, Apple telah mengizinkan pengguna download banyak aplikasi dan game di App Store. Sayangnya, pengguna tidak berikan kesempatan untuk memberikan review terhadap aplikasi yang dipakai.


Dilansir dari The Verge, fitur ini sepertinya sudah dirilis sejak beberapa hari lalu. Hal itu diketahui karena sudah ada beberapa aplikasi yang mendapatkan penilaian dari pengguna. Misalnya aplikasi seperti Files, Apple Maps, dan Home yang memiliki rating 3 sampai 3,5 dari total 5 bintang.

Ada juga aplikasi Apple News yang mendapat 2,3 dan Podcast yang hanya 2 bintang saja. Diduga penyebab skor yang kecil karena baru sedikit pengguna yang memberikan ulasan.

Pihak Apple tak memberikan alasan pasti mengapa mereka membuka dan mengijinkan review dan rating di aplikasi bawaan. Kendati demikian, Apple diprediksi membuka review dan rating untuk aplikasi bawaan karena tekanan persaingan dari aplikasi pihak ketiga.

Seperti yang kita ketahui bahwa Apple mewajibkan seluruh aplikasi untuk menampilkan review dan rating di App Store mereka.

Berdasarkan pantauan Make Mac, aplikasi bawaan yang mendapat banyak sorotan dari pengguna adalah Podcast dan Music. Aplikasi Podcast mendapat rating yang rendah dan banyak ulasan negatif dari pengguna. Podcast mendapat rating 2.1 dari 90 reviewer di App Store.

Mayoritas pengguna memberikan ulasan buruk dan rating rendah pada aplikasi Podcast karena perubahan dan update aplikasi yang menimbulkan bug dan masalah bagi pengguna dan penyedia Podcast.

Di sisi lain, aplikasi-aplikasi terkenal seperti Facebook, TikTok, sampai Gmail, memiliki rating yang tinggi karena sudah banyak yang memberikan penilaian.

Kehadiran fitur rating di App Store menjadi langkah positif yang diambil Apple. Dengan begitu, review dari pengguna bisa menjadi referensi pengguna lainnya sebelum melakukan pengunduhan.

Baca Juga: Apple Kembangkan Smartwatch dengan Fitur Pemantau Tidur

Baca Juga: Pertama Kalinya Apple Unggah Foto Nuansa Indonesia

Baca Juga: Apple Kembangkan Inovasi iPhone Lipat




Share To


inggil

inggil

Oct. 2, 2021, 8 a.m.


tags : Apple Fitur Rating App Store Teknologi App Store iOS 15 Iphone iOS


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 20 October 2021 11:00 a.m.

Golf atau Threesome? Ini Jawaban Paige Spiranac

Entertainment 28 September 2021 8:00 a.m.

Hore! Pemerintah Izinkan Penyelenggaraan Konser Musik

Life Style 27 September 2021 10:00 a.m.

Hankook Tire dan YASE Hadirkan Sepatu Daur Ulang dari Ban