Alan-Turing-Dinobatkan-Tokoh-Abad-20-Versi-BBC.jpg

Alan Turing, Tokoh Abad 20 Versi BBC

oleh: emil Entertainment Tuesday, 21 May 2019 12:00 p.m.


Saluran televisi di Inggris, BBC Two, memiliki acara serial terbaru yang dinamakan Icons. Di acara ini, diulas berbagai tokoh dunia dari berbagai ranah yang dipandang memiliki peran besar di abad 20. Kemudian di akhir acara, para penonton akan diminta ikut voting untuk memutuskan siapa tokoh terbaik di abad 20. Baru-baru ini, yang dinobatkan adalah Alan Turing.

Sebagaimana dilansir dari digitalspy.com (6/2/2019), pada acara Icons, Alan Turing yang dikenal sebagai ilmuan dan pemecah kode di Perang Dunia II dipilih oleh para penonton BBC Two jadi tokoh terbaik di abad 20. Sebelum menang, Turing berhadapan dengan Dr Martin Luther King, Nelson Mandela, Ernest Shackleton, David Bowie, Muhammad Ali, dan Pablo Picasso.

Pencipta-mesin-Enigma_1.jpg

Kemenangan ini pun disambut dengan baik oleh para penonton serta host dari Icons, Chris Packham. Ia bahkan menyempatkan diri untuk memberikan pidato yang memaparkan kehidupan serta peninggalan penting dari Alan Turing.

Turing memang dipandang penting perannya dalam mengakhiri Perang Dunia II, khususnya dengan mesin ciptaannya yang bernama Enigma. Dengan mesin tersebut, Turing membantu memecahkan sandi yang digunakan Nazi dalam perang, sehingga pihak Sekutu dapat menjegal langkah mereka kala itu. Semasa hidupnya, Turing juga turut berjasa dalam pengembangan sistem komputer. Kehidupan Turing pun pernah diangkat dalam film berjudul The Imitation Games yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch.

Pencipta-mesin-Enigma_2.jpg

Namun sayangnya, karena orientasi seksual dari Turing yang terungkap ke publik, ia pun dipresekusi. Kasus ini pun dibawa ke ranah hukum, karena kala itu perilaku homoseksual di Inggris dinilai sebagai tindakan kriminal. Seakan jasanya di Perang Dunia II tak diindahkan oleh publik, Turing pun merasa depresi.

Pada tahun 1954, Turing pun ditemukan dalam keadaan tak bernyawa oleh asisten rumah tangganya. Ia disinyalir meninggal karena bunuh diri setelah ditemukan bekas racun sianida di tubuhnya usai dilakukan pemeriksaan post-mortem.

Baca Juga: Dwayne Johnson, Sang Pegulat dan Artis Hollywood

Ketika Icons masih berlangsung, Packham sempat meminta para penonton di studio untuk mengeluarkan ponselnya dan mengarahkannya ke kamera. “Di setiap tangan, kalian memegang (peninggalan-red) sedikit dari Alan Turing. Ia bersama kita saat kita terbangun, ia bersama kita saat kita tidur di malamnya, dan ia bersama kita saat kita berbicara dengan orang yang dikasihi,” ucap Packham di studio BBC Two.


Share To


emil

emil

May 21, 2019, 12:11 p.m.


tags : BBC Alan Turing


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Technology 3 December 2019 16:00 p.m.

Trend Micro Prediksi Keamanan Siber Tahun 2020

Travel 2 December 2019 15:00 p.m.

Menguak Suara Drumband Misterius di Jogja