Akomodasi Wisatawan Jadi Prioritas Utama di MotoGP 2022 Mandalika.jpg

Akomodasi Wisatawan Jadi Prioritas Utama MotoGP Mandalika

oleh: rachli Travel Monday, 10 January 2022 12:00 p.m.


Mancode - Ketersediaan akomodasi bagi wisatawan dalam ajang MotoGP Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan diadakan pada 18-20 Maret 2022 mendatang menjadi prioritas utama. Hal itu seperti diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Menyikapi hal itu, melansir keterangan resmi yang diterima beberapa waktu lalu, Menparekraf Sandiaga mengatakan telah berkoordinasi dengan seluruh pihak. Mulai dari pemerintah daerah, dunia usaha, serta para pengelola desa wisata di Nusa Tenggara Barat.

“Ajang ini menjadi peluang untuk berinovasi, khususnya dalam penyediaan homestay, karena ini ada arahan dari Presiden melibatkan pariwisata yang berkeadilan, jadi pengelolanya ini juga dibantu mempersiapkan tempat penginapan, khususnya di desa-desa wisata,” katanya.


Tidak hanya itu, ketersediaan akomodasi juga akan didukung oleh sarana hunian pariwisata (sarhunka) dan rumah masyarakat yang sudah diadaptasi menjadi homestay, sehingga dapat dimanfaatkan para wisatawan yang datang ke NTB.

Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut berkolaborasi dengan Bobobox untuk membangun Bobocabin yang merupakan penginapan baru dengan konsep elevated camping serta glamaour camping (glamping) bersama Eiger.

Alternatif akomodasi berupa camping ground turut dipersiapkan guna menampung jumlah wisatawan yang tidak kedapatan atau memilih akomodasi lainnya. Nantinya, para wisatawan yang tersebar di wilayah Lombok akan terkoneksi melalui angkutan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Event MotoGP ini membutuhkan Kerjasama yang terintegrasi, bukan hanya listas kementerian dan Lembaga, namun juga seluruh stakeholders, termasuk komunitas masyarakat,” katanya.

Kehadiran ajang MotoGP ini sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi melalui penyediaan peluang usaha dan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, keterlibatan komunitas sangat dibutuhkan.

“Kita harapkan terjadi kebangkitan pergerakan aktivitas ekonomi masyarakat, perbaikan kualitas SDM dan penciptaan lapangan kerja, sehingga benefit nyata dari MotoGP ini bersifat jangka panjang dan tentunya berkelanjutan ke depannya,” harap Menparekraf Sandiaga.

Sekadar informasi, pada 11-13 Februari mendatang, Pertamina Mandalika International Street Circuit akan menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP. Sedangkan untuk balapan, Indonesia akan menjadi seri kedua MotoGP pada 18-20 Maret 2022, setelah balapan pertama yang dilangsungkan di Loasil, Qatar.

Soal tiket, Mandalika Gran Prix Association (MGPA) telah resmi merilis harga dan denah lokasi penonton. Dyndratiket, salah satu penyedia tiket MotoGP, melanjutkan kerjasama dengan MGPA yang sebelumnya sempat melakukan penjualan tiket WorldSBK-Indonesia Round 2021 pada November lalu.

Harga tiket MotoGP Mandalika termurah dibanderol Rp115 ribu untuk kategori General Admission. Tiket ini hanya berlaku untuk satu hari, tepatnya hari pertama. Untuk harga tiket termahal mencapai Rp15 juta. Tiket ini kategori Premiere Class yang berlaku selama tiga hari.

Baca Juga: Tiket MotoGP Mandalika Sudah Bisa Dibeli, Harga Mulai Rp100 Ribuan

Baca Juga: Sektor Pariwisata Diyakini Bantu Dongkrak Ekonomi Tahun 2022

Baca Juga: Bantu Bangkitkan Sektor Pariwisata, Bobobox Hadir di Malang




Share To


rachli

rachli

Jan. 10, 2022, noon


tags : MotoGP Mandalika wisatawan Menparekraf Sandiaga Uno


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE