
Akibat Asal Ubah Tekanan Angin Ban Saat Musim Hujan
oleh: galih Life Style Tuesday, 3 November 2020 9:00 a.m.
Mancode – Memasuki musim penghujan, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara. Ban, misalnya, komponen ini sejatinya mendapatkan perhatian lebih untuk menjaga keselamatan berkendara saat hujan.
Sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah memahami ban mobil yang digunakan saat berkendara di musim hujan. Alih-alih memastikan tekanan angin ban sudah sesuai anjuran, banyak orang justru menguranginya dengan harapan agar tapak ban bisa menempel permukaan jalan lebih banyak sehingga pengereman lebih baik.
Kenyataannya justru saat tekanan angin ban di bawah anjuran, terjadi struktur berbentuk W di mana bagian tengah tapak ban tidak menyentuh permukaan jalan.
Sebaliknya, saat ban diberi tekanan angin lebih tinggi dari anjuran, maka telapak ban membentuk struktur U di mana hanya bagian tengah ban yang menyentuh jalan. Keduanya tidak memberikan daya cengkeram ban maksimum yang dibutuhkan saat mobil melintasi genangan air.
Pada beberapa ban berteknologi, tim pengembangan dan riset sudah mendalami kasus pengereman ini hingga merujuk pada upaya memperlebar penampang telapak ban dan mengolah kompon yang digunakan dalam karet serta bentuk kembangan ban.
Satu di antaranya adalah Goodyear Eagle F1 Sport yang mampu menghasilkan pengereman secara efektif baik di jalan basah maupun kering.Telapaknya memiliki blok bahu luar dan dalam yang lebih lebar, sehingga penguasaan ban menjadi lebih sempurna saat berkelok.
Sementara desain cakar elangnya berkontribusi membagi tekanan beban secara merata pada area kontak jalan, menjaga ban tetap stabil mencengkeram saat pengereman dan manuver berbelok.
Kemudian, celah empat baris memanjang lebih lebar dari produk sejenis. Selain berfungsi menjadi tali air, juga membuat ban menjadi lebih lebar saat menapak. Dengan demikian tekanan lebih merata dan lebih kotak sehingga ban menjadi lebih efektif saat melakukan pengereman.
Sementara silica yang dicampur ke dalam kompon dan tambahan matrix polymer meningkatkan reaksi kimiawi dan percampuran di dalam kompon. Sehingga hal ini menghasilkan performa daya tempel karet yang lebih optimal, yang dibutuhkan saat melakukan pengereman ketika kendaraan bermanuver di jalan kondisi kering dan terlebih saat kendaraan harus melaju dipermukaan jalan yang basah.
Kesadaran akan keselamatan dan menempatkannya sebagai prioritas pertama setiap pilihan akan berujung pada kemampuan memilih ban yang paling komprehensif mendukung keselamatannya selama di perjalanan.
Share To

galih
Nov. 3, 2020, 9 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Pentingnya Penguasaan Public Speaking di Era Digital
31 1 week, 1 day ago
Kemampuan public speaking telah menjadi syarat utama bagi pembentukan sumber daya manusia (SDM) di tengah masyarakat.

Hyundai Hadirkan Program Layanan Purna Jual
29 2 weeks ago
Program ini merupakan layanan purna jual di mana pelanggan Santa FE bisa memeriksa kondisi kendaraannya, bahkan sebelum memasuki waktu perawatan.

Honda Brio Virtual Modification Edisi ke-4 Tantang Modifikator Adu Kreativitas
17 4 days, 9 hours ago
Brio Virtual Modification #4 dibuka untuk masyarakat umum dan dapat mengirimkan desain modifikasinya dalam format digital mulai 18 Mei 2022 hingga 24 Juli 2022.
YOU MAY ALSO LIKE
Travel 17 May 2022 11:00 a.m.
Lamak Bana Iga Bakar Balado Racikan HSPB
Entertainment 13 May 2022 11:00 a.m.
John and The Jail Story Mengenang Jogja Lewat ‘Midnight in Sarkem’
Shopping 29 April 2022 10:00 a.m.
Semarakan Lebaran, Intip 5 Rekomendasi Produk Ruang Tamu IKEA
Entertainment 25 April 2022 7:00 a.m.