San Rafael.jpg

Air Terjun Tertinggi di Ekuador Menghilang

oleh: fachrul Travel Friday, 3 April 2020 10:00 a.m.


Mancode.id - Air terjun tertinggi di Ekuador telah menghilang setelah sebuah lubang pembuangan mengalihkan sumber airnya. Air Terjun San Rafael setinggi 150m di Sungai Coca sebelumnya menarik perhatian puluhan ribu orang per tahun.

Tetapi sebuah lubang pembuangan muncul di dasar sungai di atas air terjun, mengalihkan sungai menjadi tiga bagian terpisah dengan kemiringan yang kurang curam, demikian menurut laporan media setempat.

Sungai itu tampaknya telah lenyap dari tempat yang semestinya difoto.

Kementerian Lingkungan Hidup telah meluncurkan penyelidikan tentang penyebab lubang pembuangan, tetapi para ahli mengingatkan hal itu terjadi mungkin terkait dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga air terbesar di Ekuador.

"Air terjun yang telah ada di sana selama ribuan tahun tidak runtuh, secara kebetulan, beberapa tahun setelah membuka proyek pembangkit listrik tenaga air," ungkap Emilio Cobo, koordinator South America Water Program di International Union for the Conservation of Nature mengatakan kepada Mongabay.

Ini adalah proses yang ada dalam makalah ilmiah dan ada bukti yang cukup bahwa bendungan dapat menyebabkan efek jenis ini di sungai. Aliran air berhenti mengalir pada 2 Februari, menurut Earth Observatory NASA.

San Rafael adalah salah satu air terjun paling indah di Ekuador yang berada di area alami khusus, di kaki gunung berapi Reventador yang masih aktif. San Rafael terletak di wilayah Cagar Alam Sumako, yang memiliki ciri khas termasuk vegetasi tropis subur yang luar biasa.

Baca Juga: Pria Raksasa Penggemar Kriket Muncul di India

Baca Juga: Riset: Wanita Mendengkur Lebih Keras dari Lelaki

Baca Juga: Riset: Satu dari Tujuh Anak Alami Kelainan Jiwa


Share To


fachrul

fachrul

April 3, 2020, 10 a.m.


tags : San Rafael San Rafael Waterfall Air Terjun Ekuador


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 23 September 2020 12:00 p.m.

Mengenal Wanita Indonesia Pertama Model Majalah Playboy

Entertainment 23 September 2020 11:00 a.m.

Kisah Belenggu Cinta Posesif Hanggini dalam ‘Ruang Bahagia’

Entertainment 23 September 2020 10:00 a.m.

BTS Bagikan Kisah di Balik Pembuatan Lagu ‘Dynamite’