Adama Barrow.jpg

Adama Barrow, Mantan Satpam yang Kini Menjadi Presiden

oleh: inggil History Wednesday, 29 May 2019 9:00 a.m.


Dalam menjalani kehidupan banyak lika-liku yang harus dilewati. Tak jarang pula sang semesta selalu memberi berbagai kejutan. Yang hanya bisa kita lakukan ialah berdoa serta selalu berusaha. Tidak hanya berusaha dalam mengejar kesuksesan, namun berusaha pula menjadi orang baik. Kejutan terbaik pun di dapat dari salah satu mantan Satpam, yakni Adama Barrow.

Bagi mancoders yang belum mengenal Adama Barrow, ia adalah seorang Presiden di salah satu negara di Afrika, yakni Gambia. Pada 2 Desember 2017, Pria kelahiran 1965 ini, sukses memenangkan pemilihan Presiden Gambia mengalahkan petahana Presiden Yahya Jammeh. Adama Barrow berhasil mendapat 46 persen dukungan atau 263.515 suara. Sedangkan Yahya Jammeh mendapatkan 212.0999 suara. Lalu, posisi ketiga diraih oleh Mama Kandeh dengan 102.969 suara.

Adama Barrow.jpg

Adama Barrow lahir di Mankamang Kunda, sebuah desa bernama Jimara di dekat Basse. Ia mengenyam pendidikan awalnya di Sekolah Dasar Koba Kunda. Kemudian, melanjutkan pendidikan setingkat SMP di sekolah Crab Island di kota Banjul. Ia pun juga mendapat beasiswa untuk melanjutkan studinya di Muslim High School.

Dalam wawancaranya dengan surat kabar Perancis, Le Monde. Sebelum menjadi seorang Presiden, Adama Barrow dulunya hanyalah seorang satpam di London. Lahir di sebuah desa di tepi sunga Gambia, awalnya Barrow sempat menjadi manajer di perusahaan gas setelah lulus dari studi. Barulah ia memutuskan untuk belajar di London mengembangkan ilmunya di bidang Real Estate.

Adama Barrow.jpg

Saat mendalami ilmunya di London ia pun rela bekerjas sebagai seorang satpam untuk mencari tambahan penghasilan. Pekerjaan satpam itu ia lakukan selama 15 jam setiap harinya. Uang dari hasil kerja itulah ia tabung untuk membangun sebuah perusahaan sendiri. Hingga pada 2006, ia pun mendirikan Majum Real Estate dan menjadi CEO di perusahaan yang bergerak di bidang properti tersebut.

Biarpun pernah menjadi seorang satpam, Adama Barrow yang kini menjadi Presiden Gambia ini mengaku tidak pernah malu. Menurutnya dalam kehidupan selalu ada proses dan bagaimana bisa menjalani proses itu dengan baik.

“Hidup adalah proses. Kehidupan di Inggris membantu membentuk kepribadian saya dengan baik. Dan saya mensyukurinya,” kata Barrow dalam wawancara dengan surat kabar Perancis, Le Monde.

Pada saat kampanye dulu, seperti dilansir dari Kompas, Barrow berjanji untuk membuka lembaran baru bagi rakyat Gambia. Seperti yang kita ketahui bersama, Gambia sendiri merupakan negara termiskin di Afrika. Dengan latar belakang yang tidak mempunyai masalah politik, membuat Adama Barrow pun terpilih menjadi Presiden Gambia.

Adama Barrow.jpg

Gambia sendiri ialah salah satu negara di Afrika barat. Negara ini merdeka pada 1965, dan sejak itu hanya punya dua presiden. Barrow mengaku hanya akan berkuasa selama tiga tahun, untuk memberi kesempatan kepada tokoh lain menjadi orang nomor satu di Gambia.

Baca Juga: Sepak Terjang Karl Lagerfeld, Sang Desainer Legendaris


Share To


inggil

inggil

May 29, 2019, 9 a.m.


tags : Adama Barrow Presiden Gambia Biografi Adama Barrow


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 19 November 2019 17:00 p.m.

Cara Menenangkan Wanita yang Emosi

Entertainment 19 November 2019 17:00 p.m.

Hal Terserah Jadi Single Terbaru Primela Anjar

Entertainment 19 November 2019 16:00 p.m.

LANGIT Rilis Single Debut 'Tentukan Arah'

Entertainment 19 November 2019 15:00 p.m.

‘Mengalah’ Menjadi Single Perdana Tival