Ondel-Ondel-Jakarta.jpg

Ada Ondel-Ondel Berantem, Netizen Pertanyakan Nilai Budaya

oleh: inggil Life Style Monday, 22 June 2020 14:00 p.m.


Mancode - Bagi warga Indonesia pasti sudah tidak asing dengan budaya ondel-ondel, berupa boneka besar yang menampilkan pertunjukkan khas rakyat Betawi. Ondel-ondel sendiri sering diartikan sebagai leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa. Sebab itu, ondel-ondel menjadi hiburan yang menyenangkan bagi khalayak.

Namun, bagaimana jika yang tadinya pertunjukkan ondel-ondel bisa menghibur malah berakhir dengan keributan. Viral bertebaran di media sosial ada aksi ondel-ondel yang tengah berantem dengan sesamanya hingga salah seorang pemain jatuh terkapar di aspal.

Tidak diketahui secara pasti apa penyebab para pemain ondel-ondel tersebut berantem. Dalam video bisa terlihat salah seorang pemain tersebut menarik tubuh ondel-ondel berwarana merah hingga terjatuh. Setelahnya, pemain yang menjadi korban kemudian keluar dan menyelamatkan dirinya.

Menurut beberapa komentar kejadian ondel-ondel berantem ini terjadi di daerah Puribeta 1, Tangerang, Banten.

Perkelahian antar kedua ondel-ondel ini menyita perhatian dari warga yang melintas. Namun, akhirnya petugas setempat pun mengamankan ondel-ondel tersebut agar tidak terjadi kericuhan. Terlihat pula, ada dua orang pemuda yang justru menggotong rangka ondel-ondel merah dan membuangnya ke sisi jalan.

Ondel-ondel-Berantem.jpg

Adanya kejadian perkelahian antar kedua ondel-ondel ini membuat netizen geram. Mereka mempertanyakan nilai budaya yang terkandung dari warisan budaya Betawi tersebut.

“Gila merusak kebudayaan ini mah, berani bgt ngebuang ikonik suatu budaya. Wah ini mah gak cukup sekedar minta maaf aj,” tulis @christoverlakoy.

“Terlalu banyak persaingan jadi ketat. Bukannya bikin keren adat Betawi malah jadi mengganggu ketertiban,” tulis @edhiwigoro.

“Budaya Betawi lagi diancurin, ondel-ondel udeh gada wibawa nya. Ondel-ondel itu sesuatu yg sakral buat org Betawi, tpi jaman skrg udh kgak ada harga dirinya ntu ondel,” tulis @ps_mustikamatasoya.

Sebagai informasi tambahan, terdapat beberapa versi mengenai asal-usul ondel-ondel. Semula ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan. Dewasa ini, ondel-ondel biasanya digunakan untuk menambah semarak pesta-pesta rakyat atau untuk penyambutan tamu terhormat, misalnya pada peresmian gedung yang baru selesai dibangun. Betapapun derasnya arus modernisasi, ondel-ondel masih bertahan dan menjadi penghias wajah kota metropolitan Jakarta.

Baca Juga: Menengok 4 Lokasi Wisata Sejarah di Jakarta

Baca Juga: Napak Tilas Sejarah Penetapan Hari Jadi Jakarta

Baca Juga: 5 Tempat Terbaik untuk Jogging di Jakarta


Share To


inggil

inggil

June 22, 2020, 2 p.m.


tags : HUT DKI Jakarta Ibukota Budaya Betawi Viral Ondel-Ondel Ondel-Ondel Berantem Ondel-Ondel Jakarta


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 21 September 2020 12:00 p.m.

Sounday Coba Raih Peruntungan di Industri Musik Tanah Air

Entertainment 21 September 2020 9:00 a.m.

Fina Phillipe, Presenter Cantik Doyan Touring Jarak Jauh

Entertainment 19 September 2020 9:00 a.m.

Tandai 17 Tahun Berkarya, D’Masiv Rilis Album Terbaru