Anugerah-Musik-Indonesia-2019.jpg

Ada 1973 Karya di AMI Awards 2019

oleh: rachli Entertainment Wednesday, 9 October 2019 16:00 p.m.


Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards), sebagai ajang penghargaan bagi industri musik Indonesia akan kembali dihelat pada 28 November 2019 mendatang. Tahun ini, AMI Awards 2019 berhasil menghimpun 1973 karya yang dikurasi secara kompeten oleh para entrees.

1973 tersebut merupakan jumlah lagu yang didaftarkan ke AMI Awards 2019. Besarnya atensi para pelaku industri musik Indonesia sangat berpengaruh dengan semakin meningkatnya jumlah entry lagu dalam tiga tahun terakhir ini.

Terkait penyeleksian karya, Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para anggotanya yang tercatat ada sekitar 2.754 peserta tergabung di AMI. Ada dua keanggotaan di YAMI, yakni Anggota Reguler dan Anggota Swara.

Baca Juga: AMI Awards 2019 Angkat Tema Musik Bahasa Dunia

Peserta dalam Anggota Regular mempunyai hak untuk menentukan para calon nonimasi. Sedangkan, Anggota Swara, pesertanya adalah para pelaku industri musik seperti komposer, produser, penata musik, dan lain sebagainya yang dipilih berdasarkan seleksi ketat dan kompeten.

“Karena mereka inilah yang memunyai hak untuk menentukan calon nominasi dan penerima penghargaan AMI,” jelas Ketua Umum YAMI, Dwiki Dharmawan dalam keterangan pers yang diterima Mancode (9/10/2019).

YAMI juga melakukan berbagai sosialisasi, salah satunya bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar acara Musikologi, yang merupakan konferensi musik dengan program edukasi sharing knowledge dan coaching clinic dari para ahli dan praktisi industri musik.

Dari periode Juli 2018 sampai Juni 2019, semua data yang masuk dikumpulkan yang kemudian diadakan Sidang Kategorisasi. Sidang tersebut merupakan kegiatan untuk menempatkan semua lagu pada genrenya masing-masing.

Baca Juga: Jakarta Rock Space Siap Hangatkan Jakarta

Baca Juga: Hammersonic Festival Bakal Hadir Kembali

Pada kegiatan itu, YAMI juga mengundang para pakar dari berbagai bidang dan genre guna memberikan penilaian. Setelah kategorisasi selesai, kemudian diedarkan kepada seluruh Anggota Reguler dan Anggota Swara untuk menentukan calon nominasi lewat voting secara online.

“Kami sudah bekerja keras meningkatkan layanan, semoga semua proses dapat dijalankan secara fair, transparan, dan berintegritas sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Dwiki Darmawan.

Ketua Bidang Kategori, Syaharani menambahkan, tahun ini pihaknya mulai menggunakan sistem online, yang artinya musisi bakal lebih mudah untuk mendaftarkan karyanya. Pendaftaran karya untuk AMI Awards 2019 dibuka pada Juli 2018 hingga Juni 2019 lalu.

“Meski sudah menerapkan sistem online, kita juga tetap melakukan pertemuan untuk memasukkan dan berdiskusi kategori yang cocok untuk musisi yang mendaftarkan karya-karyanya,” sambung Syaharani.


Share To


rachli

rachli

Oct. 9, 2019, 4:15 p.m.


tags : AMI Awards 2019 Yayasan Anugerah Musik Indonesia Industri Musik Indonesia YAMI Anugerah Musik Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 13 November 2019 16:00 p.m.

Disney Plus Resmi Dirilis, Ini Kelebihannya!

Technology 13 November 2019 15:00 p.m.

Irdeto dan Amlogic Luncurkan Netflix Hailstorm Hybrid

Life Style 13 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Wanita Mendengkur Lebih Keras dari Lelaki

Life Style 13 November 2019 12:00 p.m.

Mitos atau Fakta? Nasi Dingin lebih Sehat untuk Diabetes