Mars-Global-Surveyor.jpg

7 November 1996, NASA Luncurkan Wahana Pemeta Mars

oleh: rachli History Thursday, 7 November 2019 7:00 a.m.


Dinilai memiliki lingkungan yang bersahabat di planet Mars, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan wahana antariksa pertama untuk program Mars Surveyor pada 7 November 1996. Nama wahana tersebut adalah Mars Global Surveyor (MGS).

Wahana yang dibuat oleh Jet Propulsion Laboratory dan diluncurkan di Cape Canaveral, Amerika Serikat ini bertujuan untuk memetakan dan mengeskplorasi planet Mars. Wahana MGS diluncurkan setelah kegagalan pengorbitan Mars Observer.

Wahana MGS berhasil mencapai orbit planet Mars pada 1997. Pemetaan bermula pada Maret 1999 dan diselesaikan pada Januari 2001. Mengutip dari laman Wikipedia, setelah misi utama diselesaikan, wahana Mars Global Surveyor ini diperintahkan untuk memfoto objek tujuan lainnya. Pada 2 November 2006, wahana ini gagal menanggapi pesan dan komando.

Baca Juga: Sejarah Celana Jeans yang Jadi Tren Mode

Baca Juga: Kisah Jesse Martin Berlayar Keliling Dunia Sendirian

Baca Juga: Sejarah Tercetusnya Hari Batik Nasional

Sebuah sinyal yang lemah menandakan bahwa wahana itu telah sampai ke mode aman tiga hari kemudian. Setelah percobaan komunikasi berikutnya dengan MGS gagal, secara resmi program ini diakhiri pada bulan Januari 2007.

Selama menjalankan misinya, untuk pertama kalinya wahana MGS membuat profil Kutub Utara Mars dalam bentuk tiga dimensi. Pemetaan tiga dimensi itu dibuat dengan pembacaan laser altimeter. Pada pertengahan 2000, wahana MGS telah mengambil puluhan ribu foto beresolusi tinggi planet Mars.

Pemetaan wahana MGS juga turut membantu NASA mendeteksi kemungkinan adanya air di planet Mars. Pada 6 Desember 2006, NASA meluncurkan gambar kawah Terra Sirenum dan Centauri Montes, yang dipercaya menjadi pertanda adanya air mengalir di planet Mars selama lima tahun terakhir.

Planet Mars merupakan planet bebatuan dengan atmosfir yang tipis. Di permukaan planet Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan tudung es. Periode rotasi dan siklus musim planet Mars mirip dengan Bumi.

Di planet Mars terdapat sebuah kenampakan unik di daerah Cydonia Mensae. Penampakan tersebut berupa sebuah perbukitan yang dilihat dari atas seperti sebuah wajah manusia. Banyak orang yang menganggapnya sebagai sebuah bukti dari peradaban yang telah lama musnah.

Meski demikian, keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia. Suhu dan tekanan udara yang cukup rendah, ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondiosida menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernapasan.


Share To


rachli

rachli

Nov. 7, 2019, 7 a.m.


tags : Mars Global Surveyor Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA MGS Planet Mars


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Memaknai Hidup Layaknya Tokoh Nobita