Work Life Balance.jpg

6 Tips Work Life Balance untuk Ibu Pekerja

oleh: galih Life Style Friday, 13 May 2022 12:00 p.m.


Mancode – Kini, peluang untuk sukses dalam karier itu sama bagi semua orang yang memiliki kemampuan dan kemauan, termasuk para ibu. Ada banyak wanita sukses yang bisa menjadi pemimpin perusahaan besar, namun juga dapat membangun keluarga bahagia mereka dengan seimbang.

Violet Lim, CEO dan salah satu pendiri Lunch Actually, dating agency pertama dan terbesar yang ada di 5 negara, sekaligus seorang ibu dari dua anak, adalah salah satu bukti nyata bahwa wanita bisa sama hebatnya dengan wanita karier yang belum berkeluarga bahkan pria.

Violet adalah wanita di balik 4.500 pasangan yang mendapatkan pasangan dan memiliki pernikahan bahagia dan 150.000 kencan, yang telah menjadi panutan bukan hanya bagi anak-anaknya tetapi juga bagi lebih dari 100+ karyawan di bawah perusahaannya.


Dia dapat mempertahankan tanggung jawabnya di kedua peran yang berbeda dengan menerapkan keseimbangan dunia kerja sebagai gaya hidupnya atau work-life balance. Lalu, apa tipsnya? Berikut adalah tips utama Violet untuk memiliki keseimbangan dalam dunia kerja bagi wanita:

1. Ubah Pola Pikir

Setiap orang memiliki definisi sukses yang berbeda-beda, tetapi ingatlah bahwa tidak ada kehidupan yang sempurna. Tidak apa-apa untuk tidak sempurna selama anda mencoba yang terbaik dalam segala hal.

Cobalah untuk mengubah pola pikir anda dari 'menjadi ibu yang sempurna' ke- 'menjadi ibu yang bahagia' dan 'selalu mencapai 100 persen target di tempat kerja' menjadi 'mencapai setidaknya melebihi target minimum' dan mengerahkan yang terbaik untuk mewujudkan pola pikir tersebut menjadi kenyataan.

2. Tetapkan Tujuan dan Prioritas

Tujuan dalam karier kamu mungkin mencapai tingkat CEO pada saat berusia 40 tahun, tujuan dalam hubungan mungkin untuk bisa menikah dan memiliki 2 anak pada usia 40 tahun, atau tujuan keluarga, yakni bisa menyekolahkan anak-anak anda di sekolah terbaik pada usia 50-an.

Setelah menetapkan semua tujuan tersebut, kamu perlu memecahnya menjadi hal dan langkah yang terukur dan dapat direalisasikan. Kamu juga mungkin perlu menyelaraskan kembali harapan kamu.

Jika ingin mendapatkan promosi jabatan di kantor, kamu tidak hanya berdiam diri. Kamu harus bekerja secara maksimal, meningkatkan keterampilan dan juga berusaha keras untuk mencapai target. Sama halnya dengan keluarga, jika kamu berencana untuk menyekolahkan anak anda di sekolah terbaik, pastikan anda memiliki waktu untuk menemani anak belajar, tidak hanya mendorong mereka untuk belajar sendiri atau bersama gurunya.

3. Buat Rencana Harian

Menerapkan manajemen waktu akan membantu kamu lebih fokus dan produktif di tempat kerja. Buatlah rincian hal yang akan kamu lakukan hari ini ‘things to do' sebelum memulai pekerjaan, buat perkiraan waktu, dan rencanakan aksi yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya. Buat juga family plan kamu, misalnya, rencana hidangan meal plan, rencana liburan, quality time dengan pasangan, dll. Pastikan untuk menjadwalkannya terlebih dahulu, agar tidak ada jadwal yang bertabrakan.

4. Tetapkan Batasan dalam Jam Kerja

Memisahkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan akan membantu kamu dalam mendapatkan waktu untuk bersama keluarga setiap hari. Mulailah membuat batasan waktu saat anda sedang tidak berkerja. Itu berarti, anda tidak boleh memeriksa email, menjawab panggilan telepon, atau bahkan memikirkan pekerjaan. Saat jam kerja berakhir, pastikan anda fokus pada keluarga dan menghabiskan waktu bersama mereka.

5. Temukan Role Model

Lihatlah orang-orang di sekitar, seperti rekan kerja, teman, kerabat yang tampaknya memiliki segalanya. Keluarga yang penuh kasih, hubungan yang sehat, karir yang berkembang pesat, dan rasa kebahagiaan yang Nampak jelas. Mereka dapat menginspirasi anda untuk mencapai keseimbangan karir dan memiliki keluarga bahagia yang sama.

Mengamati perilaku dan nilai-nilai mereka. Apakah mereka selalu bekerja sampai jam 11 malam setiap hari atau apakah mereka mendedikasikan setiap 2-3 malam per minggu untuk berinvestasi dalam kehidupan pribadi mereka? Apakah mereka sering membatalkan makan malam keluarga karena mereka memiliki pertemuan dengan klien besok pagi atau apakah mereka tahu menghabiskan waktu bersama keluarga itu penting?

6. Luangkan Waktu untuk Teman dan Diri Sendiri

Menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan work-life balance bukan hanya tentang memberi ruang untuk keluarga. kamu harus memberi ruang untuk teman-teman dan juga diri anda sendiri. Kita semua membutuhkan waktu seperti ini untuk bersantai dengan orang-orang yang kita cintai.

Pergi keluar dengan teman-teman akan mengingatkan tentang betapa hebatnya hidup kamu dan membantu lebih menghargainya. Memiliki waktu berkualitas ‘quality time’ dengan diri sendiri juga penting karena kamu akan tahu apa saja yang sudah anda lakukan, mengetahui batasan yang dimiliki, mengikuti kemauan diri sendiri, mengetahui sejauh mana sudah melangkah sejauh ini serta memperbarui rencana hidup.

Baca Juga: Pesan Penting Raisa untuk Wanita Indonesia

Baca Juga: 4 Inspirasi Eye Makeup Bagi Wanita Saat Pakai Masker Medis




Share To


galih

galih

May 13, 2022, noon


tags : Wanita Karier Life Style Tips Work Life Balance


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 30 November 2022 12:00 p.m.

Deretan Lagu Terpopuler di Spotify Indonesia

Entertainment 14 November 2022 16:00 p.m.

Festival Musik Gudfest 2022 Resmi Ditunda Tahun Depan