Mencukur Janggut.jpg

6 Tips Mencukur Janggut dengan Baik

oleh: rachli Life Style Tuesday, 13 August 2019 17:00 p.m.


Menumbuhkan janggut bagi kaum adam di Indonesia kini sudah bukan lagi menjadi hal yang baru. Sebagian besar dari mereka beralasan, dengan menumbuhkan janggut bisa menambah nilai lebih dari segi penampilan.

Namun, tidak sedikit di antara mereka yang masih kurang memahami soal pemeliharaan janggut. Dengan cara pemeliharaan janggut yang kurang dipahami, tentu itu juga akan berimbas pada penampilan dan rasa ketidaknyamanan.

Salah satu cara dalam memelihara janggut adalah dengan mencukur secara berkala. Hal ini dilakukan guna menjaga kerapian dan kebersihan janggut. Nah, berikut ini Mancode mencoba merangkum beberapa cara mencukur janggut dengan baik dan rapi yaitu:

  1. Pastikan Janggut dalam Keadaan Basah atau Lembab

Tidak sedikit yang mencukur janggut dalam keadaan kering. Padahal, hal ini akan mempersulit proses mencukur. Cobalah untuk membasahi terlebih dahulu. Mancoder bisa mencuci muka terlebih dahulu atau sekadar membasahi area yang hendak dicukur dengan handuk basah, sesaat sebelum dicukur

2. Gunakan Krim Cukur Jika Diperlukan

Saat mencukur bisa menggunakan krim cukur untuk mempermudah proses mencukur janggut, jika membasahi atau melembabkan dirasa kurang. Menggunakan krim cukur tidak hanya mengunci kelembaban tapi juga bisa menjauhkan dari kemungkinan terkena iritasi.

3. Jangan Mencukur Janggut Sampai Habis

Hindarilah mencukur janggut sampai habis dan terlalu sering. Memang wajah akan terbebas dari dari bulu halus janggut, namun jika ini dilakukan terlalu sering akan membuat pertumbuhan janggut semakin menebal dan tidak merata. Tentunya, hal yang dilakukan adalah dengan mencukur janggut secara tipis dan merata.

4. Jangan Menekan Pisau Cukur

Untuk memelihara janggut, tidak sedikit dari pria melakukan pencukuran dengan cara menekan pisau cukur terlalu dalam. Dengan menekan pisau cukur terlalu dalam akan berpotensi besar menyebabkan iritasi kulit.

5. Gunakan Pisau Baru saat Mencukur

Masih banyak yang beranggapan jika mencukur janggut menggunakan pisau lama lebih nyaman. Memang sebenarnya tidak salah, hanya saja yang perlu diketahui adalah pisau cukur lama memiliki beberapa kekurangan, seperti mengandung banyak bakteri dan sudah tidak tajam.

6. Bilas dengan Air Dingin

Usai mencukur janggut, selalu bilas dengan air bersih guna menutup kembali pori-pori yang terbuka. Selain itu, dengan menggunakan air dingin bisa juga berfungsi seperti kompres yang membantu mengurangi peradangan. Lalu, aplikasikan pelembab khusus cukuran dengan memilih produk yang tidak mengandung alkohol. Alkohol justru akan mengeringkan kulit.

Baca Juga: 4 Tips Merawat Jenggot dengan Tepat


Share To


rachli

rachli

Aug. 13, 2019, 5 p.m.


tags : Memelihara Janggut Krim Cukur Tips Mencukur Janggut Menumbuhkan Janggut


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 9 July 2020 13:00 p.m.

Spotify Kenalkan Fitur Barunya 'Lirik'

Entertainment 9 July 2020 12:00 p.m.

Kembali Aktif Berkarya, SMVLL Rilis Single Let's Go

Entertainment 9 July 2020 11:00 a.m.

Debut Istimewa Biagi dengan Single 'In Your Eyes'