6 Rekomendasi Cara Merawat Pakaian Favorit Tetap Awet.jpg

6 Rekomendasi Cara Merawat Pakaian Favorit Tetap Awet

oleh: rachli Life Style Tuesday, 15 March 2022 10:00 a.m.


Mancode - Setiap orang tentu memiliki pakaian favorit, baik itu berupa kaus, kemeja, celana, atau lain sebagainya. Namun seiring dengan pemakaiannya, kondisi pakaian tersebut akan mengalami perubahan, baik dari segi bahan hingga warna yang pudar atau kusam. Tentu sangat disayangkan, bukan?

Agar pakaian favorit tetap awet dan terlihat seperti baru, ada sejumlah langkah yang perlu dilakukan dalam perawatannya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut cara perawatannya.

Perhatikan Care Label


Hampir di setiap jenis pakaian memiliki care label atau simbol perawatan. Ini merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk merawat pakaian. Masing-masing dari care label berisikan informasi atau petunjuk cara mencuci dan merawat sesuai dengan jenis bahan yang digunakan.

Jangan Sering Dicuci

Meski terdengar jorok, hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kualitas pakaian favorit. Cuci saat sudah timbul bau tidak sedap atau terlihat kotor dengan perkiraan waktu pemakaian. Namun cara ini tidak terlalu disarankan untuk pakaian yang langsung bersentuhan dengan kulit seperti kaus atau kemeja, karena keringat menempel.

Perhatikan Takaran Diterjen

Penggunaan diterjen berlebih tidak hanya berpotensi merusak serat pakaian, namun juga dapat merusak tekstur dan warna. Sesuaikan takaran deterjen agar tidak berlebihan. Selain merusakan bahan dari pakaian favorit, pemakaian deterjen berlebih juga berpotensi merusak mesin cuci.

Balik Pakaian saat Dijemur

Saat hendak menjemur di luar ruangan atau langsung terkena sinar matahari, alangkah baiknya untuk membalikkan pakaian tersebut agar warna tidak cepat pudar. Sering dicuci dan dijemur di bawah sinar matahari bisa membuat warna menjadi kusam dan pudar.

Perhatikan Suhu Setrika

Suhu setrika terlalu panas dapat menyebabkan pakaian favorit mengkusam dan pudar warnanya. Selain itu, menyetrika dengan suhu tnggi dapat merusak serat-serta pakaian sehingga teksturnya menjadi kasar dan kaku.

Simpan dengan Baik

Simpan pakaian favorit dengan menggunakan kotak atau lemari yang bersih agar terhindar dari ngengat dan debu. Tidak hanya itu, usahakan untuk simpan di tempat yang sejuk untuk menghindari timbulnya jamur dan perubahan warna.

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana IKEA Cegah Food Waste dan Food Loss

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Noda Membandel Akibat Deodoran Pada Pakaian

Baca Juga: 3 Ide Dekorasi Rumah dengan Barang Daur Ulang




Share To


rachli

rachli

March 15, 2022, 10 a.m.


tags : Pakaian Favorit Merawat Pakaian Rekomendasi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 1 July 2022 15:00 p.m.

Intip Spesifikasi POCO F4 dan POCO F4 GT

Technology 11 June 2022 21:00 p.m.

Pentingnya Etika saat Berselancar di Dunia Maya