Parkour.jpg

6 Manfaat Olahraga Ekstrim Parkour Bagi Tubuh

oleh: rachli Life Style Wednesday, 4 September 2019 17:00 p.m.


Bagi masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan parkour. Ya, olahraga ekstrim asal Perancis ini cukup digemari oleh kalangan anak muda. Akan tetapi, tidak semua orang bisa melakukan parkour karena membutuhkan teknik-teknik khusus.

Parkour merupakan aktivitas melompat, memanjat, atau bergelantungan dengan kondisi area yang berbeda-beda, seperti melompati pagar, benteng, rumah, bahkan menuruni gedung dengan melompati anak tangga sehingga nampak lincah.

Dengan begitu, parkour mempunyai arti bergerak atau berpindah tempat seefisien mungkin yang mengedepankan keindahan dalam bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh itu sendiri.

Meskipun tergolong olahraga ekstrim, parkour memiliki banyak manfaat. Nah, berikut ini Mancode mencoba merangkum manfaat parkour seperti dikutip Parkour Indonesia.

Membentuk Tubuh

Gerakan membutuhkan fisik yang kuat dan bagus, karena parkour akan membutuhkan kekuatan dari otot-otot. Tubuh akan lebih baik pada bagian otot tangan, kaki, perut, dada, paha, dan lengan. Dengan begitu, tubuh akan terbentuk menjadi proporsional dan bugar.

Melatih Ketangkasan

Ketangkasan sangat diperlukan untuk melewati rintangan. Oleh karena itu, parkour dituntut untuk memiliki ketangkasan, berfikir cepat dan bergerak cepat. Ketangkasan akan didapatkan dengan latihan yang optimal.

Memperkuat Jantung

Tubuh yang aktif bergerak akan membuat stamina meningkat. Hal ini akan memberikan efek positif kepada jantung menjadi lebih kuat dan membuat fungsinya menjadi efektif. Tentunya, jika jantung sehat maka seluruh tubuh juga akan sehat.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Parkour sangat identik dengan keberanian dalam menaklukan rintangan, seperti loncat gedung, memanjat tembok, bergelantungan dan hal lainnya yang memacu adrenalin. Kepercayaan dari aktivitas itu meningkat jika berhasil menaklukan rintangan.

Melatih Kemampuan Motorik

Parkour membutuhkan skill seperti kelincahan, kecepatan, ketangkasan, serta kekuatan. Mancoders akan mampu mengasah kemampuan mejadi lebih baik dengan sering berlatih agar mendapatkan hasil yang optimal.

Menurunkan Berat Badan

Parkour merupakan olahraga yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Kalori dalam tubuh akan terbakar merata karena aktif bergerak. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, parkour bisa menjadi pilihannya.

Baca Juga: Gemar Olahraga Ekstrim Panjat Tebing? Yuk, Kenali Jenisnya

Baca Juga: Ini Makanan yang Dianjurkan Sebelum Berolahraga

Baca Juga: Bentuk Otot Tubuh Ideal dengan Olahraga Kalistenik


Share To


rachli

rachli

Sept. 4, 2019, 5 p.m.


tags : Melatih Ketangkasan Olahraga Ekstrim Parkour Manfaat Parkour


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 1 April 2020 10:00 a.m.

Lima Hits Marvin Gaye Terbaik Sepanjang Masa

Shopping 1 April 2020 10:00 a.m.

Solusi Shopee Selama Karantina Virus Corona

History 1 April 2020 9:00 a.m.

Mengenal Berbagai Sejarah April Mop