5 Tips Padupadan Gaya Smart Casual.jpg

5 Tips Padupadan Gaya Smart Casual

oleh: rachli Fashion Style Friday, 4 February 2022 6:00 a.m.


Mancode - Gaya smart casual masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar kaum adam. Pasalnya, penerapan gaya ini dirasa aman untuk dua jenis kegiatan atau acara yang berbeda dalam satu waktu. Gaya smart casual merupakan gaya berpakaian menyangkut keseimbangan antara gaya kasual (santai) dan formal.

Meski mengandung unsur kasual, bukan berarti bebas memilih pakaian apapun saat mengaplikasikan gaya smart casual ini. Merangkum dari berbagai sumber, ada sejumlah tips padupadan saat menerapkan gaya smart casual. Simak ulasannya.

Blezer Untuk Kesan Smart Casual


Blazer merupakan fashion item yang wajib dimiliki pria. Karenanya, blazer dapat dipakai untuk acara formal atau santai. Namun mesti diingat, balzer dengan desain yang smart casual jauh lebih cocok dipilih untuk atasan ketimbang yang terlalu resmi seperti setelan khusus kerja.

Pilih blazer berbahan campuran katun dan linen agar tidak gerah saat dipakai di cuaca panas. Namun jika cuaca di luar rumah dingin, bisa memilih blazer berbahan wol merino atau campuran wol dan sutera.

T-shirt Pengganti Kemeja

T-shirt atau kaus bisa menjadi alternatif pengganti jika sedang malas mengenakan kemeja panjang atau pendek. Akan tetapi, kaus yang dikenakan bukan sembarang kaus seperti bergambar atau memiliki warna lebih dari satu. Pastikan pula memilih kaus yang berukuran pas dan memiliki garis leher bulat atau crewneck.

Selain itu, hindari kaus dengan bahan kain tipis karena dapat menimbulkan bagian dalam tubuh, seperti bagian puting. Jangan pula memilih kaus dengan model kerah V neck. Hal ini dimaksudkan agar terhindar dari kesan negatif bagi yang melihatnya.

Celana Panjang Kasual

Seperti bagian atasan, kesan gaya smart casual bisa diterapkan pada bawahan. Tidak perlu memakai celana bahan yang terlihat serius, celana chino atau celana jins dengan potongan ramping sudah termasuk syarat untuk gaya smart casual. Pastikan pula celana yang dipakai berukuran pas, berwarna netral, dan bagian ujung celana tidak dilipat.

Selain itu, jangan memakai ripped jeans atau celana jins yang belel dan sudah robek di beberapa bagian. Ketika memutuskan untuk mengenakan celana jins, cari yang berwarna biru gelap atau hitam. Padukan dengan kemeja atau kaus dan blazer.

Sepatu

Pemakaian sepatu gaya smart casual cukup sederhana. Usahakan sepatu yang dikenakan serasi dengan atasan dan bawahan. Misal jangan menggunakan sepatu oxford untuk melangkapi kemeja linen dan celana panjang atau pendek, melainkan loafers.

Namun, jika kegiatan atau acara pesta ulang tahun, bisa kenakan sepatu kets putih. Kalau menghadiri pesta pernikahan, dress shoes yang sedikit lebih serius seperti oxford, derby atau loafers bisa menjadi pilihan. Penggunaan sepatu yang tepat bisa memaksimalkan gaya berpenampilan.

Aksesoris Penunjang Smart Casual

Selain busana atasan dan bawahan, penggunaan akesoris juga menjadi hal penting sebagai penunjang gaya smart casual. Beberapa aksesoris yang cocok untuk penampilan smart casual adalah kacamata, ikat pinggang, jam tangan kulit atau stainless, dan juga leather bag.

Baca Juga: Intip Rekomendasi Tren Menswear 2022 Ala Jakarta Fashion Week

Baca Juga: Melihat Koleksi Sneaker Eksklusif di Foot Locker Jakarta

Baca Juga: 5 Rekomendasi Parfum Pria Untuk Tampil Percaya Diri




Share To


rachli

rachli

Feb. 4, 2022, 6 a.m.


tags : Formal Smart Casual Gaya Kasual


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA