17 Agustus .jpg

5 Perayaan Unik Memperingati 17 Agustus Dari Berbagai Daerah

oleh: inggil Travel Thursday, 15 August 2019 15:00 p.m.


Sebentar lagi Indonesia akan memperingati Hari Kemerdakaan yang ke-74 pada 17 Agustus mendatang. Untuk memperingati hari jadi Indonesia, tiap-tiap daerah mempunyai acara masing-masing. Salah satunya di Jawa, tiap satu hari sebelum tanggal 17 Agustus mengadakan acara Tirakatan. Acara ini dilakukan sebagai tanda ucapan syukur atas kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kebumen yang Wajib Dikunjungi

Lantas, bagaimana dengan daerah lainnya? Simak ulasan Mancode berikut untuk lebih tahu tradisi unik dari berbagai daerah Indonesia memperingati 17 Agustus:

  1. Karapan Sapi di Pasuruan
Karapan Sapi.jpg

Setiap tanggal 17 Agustus warga Pasuruan mempunyai agenda wajib yang dilakukannya tiap tahun, yakni Karapan Sapi. Biasanya lomba diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Cara berlombanya sendiri dengan memacu sapi agar jadi yang tercepat.

2. Sampan Layar di Batam

Sampan Layar.jpg

Di Batam terdapat suatu agenda yang telah diadakan sejak 1959, yakni Lomba Sampan Layar. Biasanya masyarakat Batam mengadakan lomba ini untuk merayakan 17 Agustus. Lomba berskala regional setiap tahunnya selalu dipadati oleh penonton dari berbagai daerah. Tak heran jika sekeliling tepi laut hingga pelataran pelabuhan di Batam selalu penuh orang menyaksikan.

3. Lomba Dayung di Banjarmasin

Memperingati hari jadi Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, warga Banjarmasin mempunyai lomba yang selalu ramai dipadati orang, yakni Lomba Dayung. Kepopuleran lomba ini sendiri telah diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah.

Balap Dayung.jpg

Lomba Dayun ini dilaksanakan di Sungai Marta Putra sepanjang 500 meter. Hadiahnya pun cukup menarik, yakni uang tunai. Bahkan Gubernur Kalsel sendiri tiap tahunnya juga akan memberikan piala bagi sang juara.

4. Pawai Jampana di Bandung

Pawai Jampana.jpg

Warga Kota Kembang ini sebagai bentuk merayakan 17 Agustus, tiap tahunnya mengadakan Pawai Jampana. Di mana warga membawa sebuah tandu besar berisi hasil-hasil bumi dan hidangan yang diangkut oleh empat orang. Kegiatan pawai tersebut merupakan tradisi tahunan masyarakat Sunda untuk memperingati Kemerdaan RI.

5. Peresesan di Lombok

Peresean Lombok.jpg

Tradisi unik lainnya berada di Lombok. Warga Lombok mempunyai tradisi berupa Peresan untuk merayakan hari jadi Tanah Air, Peresean adalah permainan tradisional Lombok. Permainan ini akan dimainkan oleh dua lai-laki yang akan bertarung dengan menggunakan rotan dan perisai.

Baca Juga: Wisata Kota Malang untuk Traveler Penggemar Suasana Alami


Share To


inggil

inggil

Aug. 15, 2019, 3 p.m.


tags : Tradisi Unik Indonesia Travel 17 Agustus 2019 Kemerdekaan RI


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi