Tradisi-Unik-Negara-Ramadhan.jpg

5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Selama Ramadhan

oleh: inggil Travel Wednesday, 29 April 2020 7:00 a.m.


Mancode - Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu umat Muslim di seluruh dunia. Tidak hanya menahan rasa lapar dan haus, umat Muslim yang menjalankan puasa juga berlomba-lomba menebar kebaikan mencari pahala.

Banyak tradisi yang membuat semua orang merindukan bulan puasa. Di Indonesia sendiri budaya seperti memainkan petasan, makan kolak ataupun ngabuburit sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Tak heran, jika bulan puasa terasa berbeda dari bulan-bulan lainnya.

Tradisi-tradisi unik yang kental itulah membuat bulan puasa terasa semakin menyenangkan. Ternyata, tidak hanya Indonesia yang mempunyai tradsi unik selama bulan puasa. Banyak negara-negara lain yang juga mempunyai budaya uniknya sendiri, seperti masyarakat Muslim Amerika berkumpul bersama tetangga yang tak hanya warga Muslim melainkan juga Non-Muslim untuk makan bersama saat berbuka puasa.

Lantas, selain Amerika negara mana sajakah yang mempunyai tradisi unik selama bulan puasa? Simak artikel Mancode yang diambil dari beberapa sumber berikut:

Austria

Negara yang mempunyai nilai sejarah Romawi tinggi ini, saat menentukan jatuhnya awal Ramadhan sepakat mengikuti jadwal Arab Saudi. Sebelum memasuki bulan suci, warga Muslim di Austria mempunyai tradisi unik, berupa menggelar kampanye pengumpulan paket lebaran untuk keluarga miskin dan hadiah lebaran untuk anak-anak yatim piatu di Palestina.

Austria-Vienna.jpg

Kegiatan kampanye tersebut diberi nama Feeding Fasting Palestinians yang diatur oleh berbagai organisasi kemanusiaan Palestina di Austria. Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari warga Non-Muslim Austria, tak jarang pula mereka ikut membantu kampanye ini.

Rusia

Warga Muslim Rusia memiliki salah satu menu makanan wajib yang harus dihidangkan saat berbuka. Hidangan tersebut ialah Khingalsh atau Galnash. Bersama-sama pada hari pertama warga Muslim Rusia akan berkumpul dan menyantap hidangan khas tersebut.

Russian-Ramadhan.jpg

Khingals merupakan roti yang diisi dengan keju. Sedangkan Galnash adalah roti yang terbuat dari gandum. Tidak hanya itu saja, umat Muslim di Rusia juga mempunyai minuman wajib yang hanya ada saat bulan Ramadhan, yakni Kvass.

Kvass sendiri merupakan hasil fermentasi roti atau gandum-ganduman yang tidak mengandung alkohol.

Korea Selatan

Korea selatan memanglah bukan negara dengan jumlah penduduk Muslim yang banyak. Namun, negara gingseng ini mempunyai cerita menarik saat pelaksanaan bulan Ramadhan.

Masjid-Sentral-Seoul.jpg

Umat Muslim Korea Selatan akan meramaikan masjid dari subuh hingga malam hari. Salah satu masjid yang paling ramai, yakni Masjid Central Soul. Tidak hanya sebagai kegiatan ibadah saja, masjid-masjid di Korea selatan juga menyajikan berbagai makanan untuk berbuka ataupun sahur. Uniknya, makanan tersebut tidak hanya khas Korea Selatan saja tapi ada juga yang menyediakan menu makanan dari berbagai negara secara bergantian.

Prancis

Sebagai salah satu negara Eropa yang mempunyai penduduk Muslim cukup banyak, terdapat satu kawasan di Prancis yang dihuni imigran asal Arab yakni Couronne. Di wilayah tersebut masyarakat akan berbelanja berbagai pernak-pernik menyambut bulan Ramadan. Biasanya penjual pernak-pernik ini banyak ditemui di Jalan Pierre Tumbot.

France-Muslim-People.jpg

Selain itu, umat Muslim Prancis juga senang melakukan ngabuburit. Kegiatan ngabuburit ini dilakukan oleh masyarakat Muslim di kawasan Vaulx en Velin. Kawasan tersebut merupakan daerah pinggiran yang dikenal sebagai basis mayoritas Muslim dari negara Maghribi yang terdiri atas Aljazair, Maroko, Tunisia, serta negara-negara Afrika Utara.

Yordania

Selama bulan puasa, umat Muslim di Yordania mempunyai cara unik untuk meramaikannya. Warga di sana wajib menghiasi jalan dengan berbagai lampu warna-warni. Selain itu, mereka juga mempunyai peraturan untuk makan dalam satu meja saat berbuka puasa, baik dengan orang yang dikenal atau tidak.

Yordania-Amman.jpg

Masyarakat Yordania sendiri biasa mengonsumsi Mansaf dan Qatavef sebagai hidangan berbuka. Mansaf sendiri merupakan olahan daging domba dengan rempah-rempah. Sedangkan, Qatavef merupakan kudapan sejenis pancake dengan kayu manis yang diisi kenari atau gula.

Baca Juga: 6 Negara Ini Ramah Wisata Backpacker

Baca Juga: Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi

Baca Juga: Jaga Stamina Puasa Ramadhan dengan Konsumsi Makanan Seimbang


Share To


inggil

inggil

April 29, 2020, 7 a.m.


tags : Tradisi Bulan Puasa Budaya Muslim Tradisi Bulan Ramadan Ramadan Tradisi unik umat islam


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like