Danau-Ranu-Kumbolo.jpg

5 Mitos Tempat Wisata Populer di Indonesia

oleh: rachli Travel Wednesday, 6 November 2019 7:00 a.m.


Indonesia menawarkan beragam lokasi wisata menarik yang menawarkan panorama keindahan alamnya. Namun di balik keindahannya, ada mitos tersimpan pada lokasi wisata tersebut. Tentunya mitos tersebut mesti dipahami dan dihormati oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Ada berbagai macam mitos di masing-masing lokasi wisata, mulai dari hal yang membawa berkah hingga membawa musibah. Meskipun hanya sekadar mitos, namun tetap memiliki hubungan erat dengan nilai kepercayaan dan adat warga setempat.

Baca Juga: Planet Tourism Indonesia 2019 Soroti Pariwisata Indonesia

Menukil dari laman Kompas, berikut ini serba-serbi mitos di lokasi wisata populer yang ada di Indonesia.

Bali

Mitos ini mungkin sering didengar para wisatawan, yakni tidak boleh menginjak sajen. Umumnya, sajen terbuat dari janur dan dipenuhi dengan bunga warna-warni serta aneka buah atau jajanan. Sajen ini memiliki nilai spiritual dan dihormati bagi masyarakat asli Bali, terutama pemeluk agama Hindu Dharma.

Ranu Kumbolo

Di Gunung Tertinggi Pulau Jawa ini terdapat salah satu danau yang sangat terkenal keindahannya yaitu Ranu Kumbolo. Tempat ini dipercaya oleh masyarakat setempat bahwa airnya merupakan air suci. Bahkan, hingga saat ini air tersebut masih digunakan untuk prosesi ritual suci keagamaan masyarakat di sana.

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Menteri Pariwisata, Ini Tugas Wishnutama

Baduy Dalam, Banten

Desa adat ini memang benar-benar memegang teguh adat istiadat, sehingga nantinya pengunjung pun diimbau menaati peraturan yang ada. Di Baduy Dalam, ada beberapa peraturan yang harus ditaati, seperti tidak boleh mengambil foto atau video, mandi di sungai tidak boleh menggunakan sabun, shampo, dan pasta gigi.

Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Saat wisatawan mengunjungi Yogyakarta, Pantai Parangtritis tampaknya selalu masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Sebagai bagian dari Pantai Selatan, Parangtritis dipercaya merupakan area kekuasaan tokoh mitos Nyi Roro Kidul. Konon, wisatawan yang berkunjung dengan memakai baju hijau akan diseret ombak. Nyi Roro Kidul disebut-sebut senang dengan warna hijau.

Baca Juga: Cara Dapat Teman Baru dengan Solo Traveling

Goa Hawang, Maluku Tenggara

Goa Hawang menjadi salah satu goa yang wajib dikunjungi saat berada di Ambon. Goa ini berada di Pulau Keinginan, Kecamatan Maluku Tenggara. Goa yang terendam air laut ini memiliki struktur bebatuan yang sangat unik dan indah. Selain keindahannya, goa ini menyimpan mitos jika mengunjungi tempat ini akan bisa segara mendapatkan jodoh atau keturunan.

Selain kepercayaan itu juga ada cerita mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Konon, di dalam Goa Hawang terdapat batu yang menyerupai manusia dan dua anjing. Menurut cerita yang beredar, batu itu merupakan sosok pria yang pergi berburu babi hutan bersama dua ekor anjing.


Share To


rachli

rachli

Nov. 6, 2019, 7 a.m.


tags : Horor Mitos Tempat Wisata Tempat Wisata Menarik Ranu Kumbolo Lokasi WIsata Populer di Indonesia Bali


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 14 November 2019 10:00 a.m.

Berkompetisi ke Amerika lewat Honda DBL Camp 2019

Technology 13 November 2019 16:00 p.m.

Disney Plus Resmi Dirilis, Ini Kelebihannya!

Technology 13 November 2019 15:00 p.m.

Irdeto dan Amlogic Luncurkan Netflix Hailstorm Hybrid

Life Style 13 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Wanita Mendengkur Lebih Keras dari Lelaki