Polusi-Udara.jpg

5 Langkah Kurangi Paparan Polusi Udara

oleh: rachli Life Style Friday, 6 September 2019 18:00 p.m.


Kualitas udara Jakarta belum menunjukan ke arah yang lebih baik. Salah satu penyebabnya adalah polusi udara yang dihasilkan dari asap kendaraan maupun industri. Jika dibiarkan, tentu hal ini akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan sehingga menimbulkan beragam penyakit.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, ada enam penyakit yang disebabkan oleh polusi udara. Enam penyakit itu adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), asma, pneumonia atau paru-paru basah, kanker, stroke, dan kencing manis.

Meskipun sulit menghindari paparan polusi udara, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak polusi. Berikut ini Mancode mencoba merangkum beberapa langkah untuk tetap aman dari polusi kendaran dan terhindar dari beberapa penyakit.

Menggunakan Masker dan Kacamata

Salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk tetap aman dari polusi adalah menggunakan masker. Masker membantu menjaga tubuh dari polutan dan racun dengan cara menyaring serta bertindak sebagai penghalang untuk masuk melalui hidung atau mulut.

Baca Juga: 3 Tanda Tubuh Mengalami Masalah Kesehatan

Baca Juga: Tokimonsta, DJ Cantik yang Sembuh dari Penyakit Mematikan

Jika bepergian dengan kendaraan terbuka atau transportasi umum, masker cukup bermanfaat dalam mencegah masalah kesehatan yang disebabkan oleh udara yang tercemar. Menggunakan kacamata juga dapat membantu mencegah polutan masuk ke mata secara langsung.

Bepergian dengan Kendaraan Tertutup

Jika berpergian dengan kendaraan terbuka, akan lebih berisiko terpapar bahan kimia, racun, dan polutan dari kendaraan. Baiknya menggunakan kendaraan tertutup dengan menyalakan AC dengan mode recirculate.

Tanaman Dalam Ruangan

Tanaman dalam ruangan dapat bertindak sebagai pembersih udara alami untuk mengurangi efek berbahaya dari udara yang tercemar. Selain mencegah polusi kendaraan, juga bisa melindungi diri dari polusi udara dalam ruangan.

Pola Hidup Bersih

Pola hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti makan bergizi, istirahat cukup, cuci tangan, tidak merokok dan lainnya. Selain itu, memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Pada beberapa penelitian, mengonsumsi buah dilaporkan dapat mengurangi dampak polusi udara.

Hindari Membakar Sampah Sembarangan

Pembakaran sampah dapat menimbulkan debu dan asap hitam sebagai penyebab polusi. Sampah yang dibakar juga melepaskan karbondioksida (CO2) yang justru akan memperparah pemanasan global.

Gas klor yang dihasilkan dari pembakaran sampah dapat merusak atmosfer bumi. Pembakaran sampah di lingkungan rumah sendiri atau sekitar tempat pembuangan sampah yang ada di sekitar tempat tinggal telah dilarang melalui Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta No.2 tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara.


Share To


rachli

rachli

Sept. 6, 2019, 6 p.m.


tags : Dinas Kesehatan DKI Jakarta Kualitas Udara Jakarta Pola Hidup Bersih dan Sehat Polusi Udara


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 28 September 2020 7:00 a.m.

Tulus Cinta Fienda Fernai di Single 'Rahasia Cinta'

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping