Kota Cilacap.jpg

5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Cilacap

oleh: inggil Travel Monday, 26 August 2019 10:00 a.m.


Sebagai kota yang identik dengan wisata pantai dan Pulau Nusakambangan, Cilacap menyimpan segudang wisata alam dan sejarah yang bisa mancoders kunjungi. Tidak hanya itu saja, ketika berkunjung ke Cilacap terdapat banyak sekali pilihan kuliner tradisional maupun yang lebih modern di Kota Bercahaya ini.

Baca Juga: Solo Traveling ke Palembang? Yuk Kunjungi Lokasi Ini (I)

Apa saja pilihan kuliner yang wajib di kunjungi di Cilacap? Simak ulasan Mancode berikut ini:

  1. Tempe Mendoan

Memang tempe mendoan bisa kita jumpai di kota mana saja. Namun, soal citarasa tentu berbeda, mendoan Cilacap terkenal akan rasanya yang enak dan juga empuk. Sebab, bahan dasar dari pembuatan mendoan ini ialah tempe yang dipotong sangat tipis, lalu dicampur dengan adonan tempung dan digoreng setengah matang. Selain lezat dan enak, tempe mendoan mempunyai nilai gizi yang sangat banyak karena diolah dari kacang kedelai.

Mendoan Cilacap.jpg

Mancoders bisa mencoba tempe mendoan Cilacap di sekitar pinggir pantai. Mendoan akan terasa lebih nikmat jika disajikan bersama sambal kecap dan juga teh hangat, sembari memandang lautan serta ditemani hembusan angin pantai.

2. Sate Ayam Martawi

Berbeda dari sate ayam biasanya. Sate ayam Martawi ini mempunyai ciri khas yang mana terdapat dua tusuk sate. Hal tersebut dikarenakan potongan dagingnya yang besar sehingga tidak cukup jika hanya satu tusuk saja. Tidak heran jika satu porsi sate ayam Martawi sendiri hanya berisi lima tusuk dengan disajikan bersama nasi ataupun lontong.

Sate Martawi Cilacap.jpg

Sambalnya sendiri terbuat dari sambal kacang dengan rasa manis serta gurih. Banyak orang bilang ketika makan sate ini sebaiknya tidak dicampur apa-apa selain sambal tersebut. Sebab rasa polos dari sambal itulah yang membuat sate ini semakin nikmat.

3. Rempeyek Yutuk

Rempeyek yutuk atau peyek yutuk merupakan makanan khas Cilacap yang bisa kita temui di kota tersebut. Yutuk sendiri merupakan sejenis hewan laut yang bentuknya seperti udang atau kepiting. Hewan ini bisa ditemukan di sekitar pesisir pantai selatan. Karena mirip dengan kepiting maka rasa dari rempeyek yutuk sendiri sangatlah gurih dan juga lezat.

Rempeyek Yutuk Cilacap.jpg

Mancoders bisa menemukan rempeyek ini di sekitar Pantai Widarapayung ataupun Teluk Penyu. Banyak penjual keliling yang menjual rempeyek yutuk. Harganya pun berkisar Rp10.000 hingga Rp15.000.

4. Sup Gurame

Sup Gurameh Cilacap.jpg

Jika pada umumnya ikan gurame diolah dengan cara digoreng atau dibakar, lain halnya dengan olahan gurame khas Kota Cilacap. Disini, ikan gurame akan dijadikan sup. Perpaduan rasa manis dan juga segar dari daging ikan yang dijadikan satu bersama kuah sup gurih, pastinya akan meningkatkan kelezatan pada sup gurame tersebut.

5. Gembus

Gembus Cilacap.jpg

Makanan yang satu ini merupakan hasil olahan dari singkong yang dicampur telur lalu digoreng. Bentuknya sendiri menyerupai donat sehingga tak heran jika banyak orang menyebutnya donat jawa. Gembus memiliki rasa asin dan gurih yang membuatnya menjadi lezat. Biasanya gembus disajikan bersama saus sambal untuk menambah kelezatannya.

Baca Juga: Kota Ini Cocok Dikunjungi oleh Solo Traveler


Share To


inggil

inggil

Aug. 26, 2019, 10 a.m.


tags : Wisata Cilacap Mendoan Cilacap Kuliner Cilacap Cilacap Travel


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 3 April 2020 12:00 p.m.

Virus Corona Ancam Generasi Ponsel Berikutnya

Life Style 3 April 2020 11:00 a.m.

Jangan Buru-buru Menuduh Schizophrenia

Technology 3 April 2020 10:00 a.m.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 8A Pro

Entertainment 3 April 2020 9:00 a.m.

Karya Terbaru 3 Composers ‘Matahari di Mata Hati’