Kuliner-Jogja.jpg

5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jogja

oleh: inggil Travel Monday, 7 October 2019 13:00 p.m.


Sebagai salah satu destinasi wisata bagi turis lokal maupun internasional, Yogyakarta memang terkenal menawarkan berbagai macam jenis wisata. Mulai dari wisata budaya, sejarah, alam hingga kuliner semua tersedia di kota ini.

Bicara soal kuliner Yogyakarta, tentu semua orang langsung menyebut nama gudeg sebagai makanan khas kota tersebut. Memang benar jika gudeg sudah mengental di Kota Jogja, bahkan kota ini pun juga mempunyai sebutan kota gudeg. Akan tetapi, tidak hanya gudeg saja yang menjadi kuliner khas kota ini. Ada banyak berbagai macam pilihan kuliner khas yang bisa dicoba saat berkunjung ke Provinsi Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Penginapan Unik dan Murah di Yogyakarta

Berikut ini lima macam kuliner yang patut dicoba di daerah Yogyakarta rekomendasi dari Mancode:

  1. Mie Lethek Mbah Mendes

Lethek mempunyai arti ‘kotor’ atau ‘kusam’ dalam bahasa Jawa. Jangan terjebak dengan namanya, sebab kuliner tradisional ini rasanya sangat lezat. Disematkannya nama lethek sendiri, sebab cara pembuatan kuliner ini tanpa bahan pengawet sama sekali sehingga warnanya pun menjadi kecoklatan.

mie-letek-jogja.jpg

Tidak heran, jika banyak orang menyebutkan Mie Lethek makanan yang menyehatkan. Kuliner dengan berbahan dasar mie ini mempunyai dua pilihan yaitu bisa direbus atau digoreng. Disematkannya berbagai olahan bumbu dapur dan tambahan suwir ayam jago kampung, membuat rasa nikmat mie lethek semakin bertambah. Bahkan, kuliner yang satu ini menjadi makanan favorit mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama!

Untuk menikmati kuliner ini, kamu bisa mencobanya di daerah Bantul yang letaknya satu jam perjalanan dari pusat kota. Salah satu warung mie lethek yang paling terkenal adalah Mie Lethek Mbah Mendes yang terletak di jalan Margo Utomo No. 22, Gowongan Jetis.

2. Sate Klatak Pak Bari

Rekomendasi kuliner selanjutnya ialah sate klatak. Berbeda dari sate biasanya, kuliner yang satu ini mempunyai rasa yang khas dan unik. Pada umumnya, bahan dasar dari sate ini adalah daging kambing muda yang masih empuk. Cara mengolahnya pun hanya diberi garam tanpa campuran apapun yang ditusuk dengan besi sehingga seluruh bagian akan terpanggang rata.

Sate=Klatak-Pak-Bari.jpg

Kamu bisa menikmati kuliner satu ini di daerah Bantul. Salah satu yang paling populer adalah warung sate Klatak Pak Bari yang pernah menjadi tempat syuting AADC.

3. Oseng Mercon Bu Narti

Kamu pecinta makanan pedas? Maka wajib mencoba kuliner yang satu ini! Dari namanya saja sudah terlihat bahwa makanan ini pasti menawarkan rasa pedas yang luar biasa. Bahan dari makanan ini ialah tetelan daging sapi, kikil, gajih, kulit dan tulang yang ditumis. Berbeda dari oseng pada umumnya, oseng mercon dimasak dengan cabe rawit dalam jumlah yang banyak, saking banyaknya warna dari oseng ini menyerupai warna cabe!

Oseng-Mercon-Jogja.jpg

Untuk menikmati oseng mercon Bu Narti, kamu bisa mendatangi jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan. Kuliner ini buka dari jam 18:00 hingga 22:00.

4. Mangut Lele Mbah Marto

Kuliner yang sudah berdiri sejak 1960-an ini terkenal dengan aroma bumbunya yang khas. Sajian lele asap dengan kuah santan pedas berisi sambal goreng krecek dan nasi panas yang disajikan langsung dari dapur, membuat kuliner satu ini sangat lezat. Rasa lezat itu semakin bertambah karena makanan ini dimasak menggunakan tungku gede.

Mangut-Lele-Jogja.jpg

Untuk menuju ke lokasi Mangut Lele Mbah Marto, kamu harus blusukan ke dalam kampung. Letaknya sendiri berada di belakang Kampus ISI Jl. Parangtritis KM 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Belalang Goreng Gunung Kidul

Kalau kamu sedang berkunjung ke pantai daerah Gunung Kidul, di sepanjang jalan akan terlihat pedagang jualan belalang goreng. Meski terdengar sebagai makanan ekstrim, kuliner yang satu ini ternyata cukup populer di daerah Gunung Kidul. Bahkan, banyak warga sana yang menjadikannya sebagai camilan.

Belalang-Jogja.jpg

Bahan utama dari kuliner ini berupa belalang kayu yang dibersihkan dari kotoran, kemudian digoreng hingga kering. Banyak orang yang pertama kali mencicipi belalang goreng terasa seperti udang, hanya saja belalang goreng lebih renyah dan manis. Selain rasanya yang gurih dan renyah, kuliner satu ini mengandung banyak protein.


Share To


inggil

inggil

Oct. 7, 2019, 1 p.m.


tags : Kuliner Jogja Kuliner murah di jogja Jalan Jalan ke Jogja berburu kuliner di jogja rekomendasi kuliner jogja kuliner khas jogja


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 7 April 2020 15:00 p.m.

Cerita Moral Trendkill Cowboys Rebellion

Technology 7 April 2020 13:00 p.m.

Jota Menjadi Karakter Terpopuler Game Free Fire