Komunitas-Indonesia-Mengglobal.jpg

5 Komunitas Online ini Bisa Meningkatkan Karirmu

oleh: inggil Mancave Wednesday, 29 May 2019 14:00 p.m.


Mancode - Sebagai anak muda yang penuh semangat, mengikuti beragam komunitas tentu hal yang wajib dilakukan. Dengan mengikuti beragam komunitas tentu dapat membuatmu lebih mengenal hal-hal yang baru serta menambah relasi yang luas. Komunitas sendiri seringkali disebut sebagai kumpulan dari sekelompok orang yang memiliki minat dan ketertarikan sama.

Umumnya, banyak komunitas yang melakukan pertemuan langsung dengan diskusi tatap muka. Lantas, bagaimana jika ada komunitas yang hanya bisa mancoders ikuti tanpa harus bertemu langsung? Tentu hal tersebut lumrah terjadi, mengingat saat ini perkembangan teknologi yang semakin maju dan memudahkan dalam berinteraksi. Hanya melalui perangkat gawai saja mancoders dapat bertemu dengan komunitas yang mampu memberikan insight baru.

Baca Juga: Mengenal Komunitas Serbuk Kayu Surabaya

Apa sajakah komunitas oniline yang bisa mancoders ikuti? Simak ulasan berikut:

  1. Indonesia Mengglobal

Tertarik untuk mendapat beasiswa luar negeri tapi bingung mencari mentor? Maka komunitas Indonesia Mengglobal ini patut mancoders ikuti. Komunitas Indonesia Mengglobal sendiri merupakan ruang diskusi dan sumber informasi aplikasi serta beasiswa pendidikan luar negeri. Saat mengikuti komunitas online ini, tentu akan mendapat beragam keuntungan. Dari info beasiswa luar negeri hingga update info terkait event Universitas di luar sana.

Komunitas-Indonesia-Mengglobal.jpg

Mancoders bisa saling bertukar pikiran dengan para alumni di Universitas ternama di luar negeri. Acara seminat atau talkshow misalnya. Diskusi pun bisa berupa proses aplikasi lengkap dengan tips dan trik jitu untuk mendapatkan beasiswa. Selain itu, sharing pengalaman unik saat tinggal di sana pun bisa ditanyakan pula. Untuk lebih lanjutnya mengenai komunitas ini silahkan ketuka http://indonesiamengglobal.com/faq/

2. Komunitas Rumah MC

Didirikan oleh Alicia van Akker dan Restu Diantina Putri pada pertengahan 2013 silam, komunitas rumah MC menjadi ruang diskusi untuk orang-orang yang ingin menambah ilmu di bidang public speaking. Awalnya, komunitas ini dibentuk dari sebuah agency khusus MC yang kemudian ingin membagi ilmunya kepada banyak orang.

Komunitas-Rumah-MC.jpg

Menariknya, Komunitas Rumah MC juga menyediakan wadah bagi setiap orang yang ingin belajar menjadi MC secara gratis. Setiap bulannya, komunitas ini menyelenggarakan kegiaran MonthlyHello, kegiatan tersebut berupa mendatangkan pengajar untuk memberi pelatihan public speaking. Tidak sembarang pengajar tentunya, mereka didatangkan dari presenter-presenter ternama di Tanah Air, Steny Agustaf misalnya. Selengkapnya terkait Komunitas Rumah MC sila kunjungi http://rumahmc.com/

3. Fotografer.net

Punya hobi fotografi dan susah mencari ruang diskusi untuk belajar? Mancoders bisa ikuti salah satu komunitas ini. Dari namanya saja sudah terlihat, bahwa komunitas ini bergerak di bidang fotografi.

Komunitas-Fotografer.jpg

Di komunitas ini, mancoders bisa saling bertukar pikiran tentang pengalaman fotografi, mulai dari teknik hingga alat yang digunakan. Selain itu, adapula beragam acara offline yang bisa diikuti seperti hunting foto bersama. Hal menarik lainnya dari komunitas ini, yakni terdapat beberapa thread yang membahas masalah-masalah pada peralatan fotografinya. Selengkapnya tentang Fotografer.net kunjungi http://www.fotografer.net/

4. Indonesian Coffee Community

Merambatnya dunia kopi di Indonesia saat ini membuat banyak orang ingin belajar cara membuat kopi yang enak. Biayanya yang mahal membuat orang mengurungkan niatnya untuk belajar dunia kopi. Akan tetapi, ada komunitas gratis terkait dunia kopi yang bisa mancoders ikuti.

Komunitas-Indonesia-Coffee.jpg

Indonesian Coffee Community hadir untuk menambah ruang diskusi bagi siapapun yang ingin belajar tentang kopi. Hanya bermodalkan niat serta gawai sebagai alat penghubung, mancoders dijamin bisa lebih mengenal dunia kopi saat mengikuti komunitas ini.

Dengan jumlah anggota sebanyak 40 ribu, Indonesian Coffee Community membuka ruang diksusi terkait dunia kopi, seperti mengenal jenis-jenis biji kopi, mesin pembuat kopi, penumbukan biji kopi, hingga teknik pembuatan.

5. Akumassa.org

Aktif sejak 2008 silam, komunitas ini merupakan tempat belajar dunia film. Saat mengikuti komunitas akumassa.org mancoders bisa belajar cara menulis skenario yang baik, mengkritik film bahkan bisa pula belajar menjadi sutradara film.

Salah satu forum di komunitas ini ialah Forum Menteng. Lewat forum tersebut, mancoders bisa mengirim tulisan kritik terhadap sebuah film, yang kemudian bakal mereka tayangkan di lamannya.

Komunitas-Akumassa.jpg

Tujuan dibentuknya komunitas ini ialah, untuk pemberdayaan media. Melalui komunitas ini mereka ingin melaksanakan lokakarya dan memproduksi beragam bentuk media komunikasi. Seperti tulisan, foto, audio, dan juga video. Di akumassa.org juga sesekali melakukan kunjungan ke daerah-daerah di Indonesia. Selengkapnya tentang komunitas ini sila kunjungi http://akumassa.org/id/tentang-akumassa/


Share To


inggil

inggil

May 29, 2019, 2 p.m.


tags : Komunitas unik Indonesia Komunitas Oniline Indonesia Info Komunitas Komunitas Komunitas Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 3 July 2020 15:00 p.m.

Mengenal 8 Fitur Baru Android 10 pada Smartphone

Entertainment 3 July 2020 14:00 p.m.

Edan! Band Bocah Cilik Ini Bawakan Dream Theater

Technology 3 July 2020 12:00 p.m.

Bahaya Bermain TikTok, Data Pengguna Bisa Diambil!