Detektif Conan.jpg

5 Fakta Menarik Detektif Conan

oleh: rachli Entertainment Tuesday, 20 August 2019 17:00 p.m.


Bagi pecinta manga, tentu sudah tidak asing lagi dengan serial anime Detektif Conan, bukan? Ya, cerita serial yang sempat tayang di salah satu stasiun TV swasta Indonesia ini memang menarik untuk diikuti.

Detektif Conan menceritakan seorang murid sekolah menengah atas (SMA) bernama Shinichi yang pintar memecahkan kasus kejahatan di usia yang masih muda. Hingga suatu hari, tubuh Shinichi berubah mejadi kecil karena dipaksa meminum pil APTX 4869 saat terlibat kasus dengan gerombolan jubah hitam.

Aoyama Gosho, selaku kreator memang tertarik pada kasus-kasus misteri. Diketahui pula bahwa dirinya merupakan penggemar dari serial Sherlock Holmes karya Arthur Conan Doyle. Inilah awal cerita tentang Detektif Conan.

Sejak pertama diterbitkan pada 1994 hingga saat ini, Detektif Conan masih memiliki tempat di hati masyarakat, khususnya pecinta manga. Nah, berikut ini Mancode mencoba merangkum fakta-fakta menarik tentang Detektif Conan.

Baca Juga: Osamu Tezuka, Bangkit dari Perang Jadi ‘Bapak’ Komik Jepang (I)

1. Di Balik Nama Conan Edogawa

Shinichi memerlukan identitas baru saat tubuhnya mengecil. Nama baru yang dipakai adalah Conan Edogawa dengan identitas sebagai kerabat jauh Profesor Agasa yang merupakan tetangga Shinichi.

Penamaan Conan berasal dari nama penulis misteri asal Inggris yang menciptakan karakter Sherlock Holmes, yakni Arthur Conan Doyle. Sedangkan Edogawa diambil dari nama penulis misteri asal Jepang yakni Edogawa Ranpo.

2. Arti Nama Shinichi

Shinichi terdiri dari gabungan dua kata dalam bahasa Jepang, yakni shin yang berarti benar dan ichi yang berarti satu. Dengan demikian, kurang lebih nama Shinichi bermakna satu kebenaran. Sementara, Kudo merupakan nama belakang sang ayah yang diturunkan pada Shinichi.

3. Orangtua Shinichi Kudo

Kedua orangtua Shinichi turut mengambil andil besar terhadap kemampuan anaknya dalam menguak banyak kasus kejahatan, mereka adalah Yusaku Kudo dan Yukiko Fujimine. Yusaku merupakan seorang penulis novel misteri terkenal yang juga pandai menyingkap berbagai kasus kejahatan.

Sementara itu, Yukiko dulunya adalah artis cantik dan populer yang meninggalkan pekerjaannya setelah menikah dengan Yusaku.

Baca Juga: Osamu Tezuka, Bangkit dari Perang Jadi ‘Bapak’ Komik Jepang (II)

4. Shinichi Tinggal Sendiri Sejak SMP

Orangtua Shinichi pindah ke Los Angeles saat usianya menginjak 14 tahun. Yusaku dan Yukiko sudah mengajaknya turut serta, namun Shinichi enggan karena tidak ingin meninggalkan Ran. Oleh karena itu, Shinichi tinggal sendirian di rumah orangtuanya di Jepang dan hidup mandiri sejak sekolah menengah pertama (SMP).

5. Nama Sekolah Dasar (SD) Teitan

Bicara soal SD Teiten, tempat di mana Conan bersekolah, ternyata ada maksud di balik namanya. Mungkin bagi orang Jepang atau yang bisa berbahasa Jepang, langsung bisa mengartikan. SD Teitan sendiri sebenarnya berasal dari permainan kata dalam bahasa Jepang, yaitu Tantei yang berarti detektif.


Share To


rachli

rachli

Aug. 20, 2019, 5 p.m.


tags : anime Conan Edogawa Sherlock Holmes Manga Detektif Conan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 13 December 2019 7:00 a.m.

Sejarah Deklarasi Djuanda hingga Hari Nusantara

Technology 12 December 2019 16:00 p.m.

Ini Spesifikasi Laptop Anyar dari MSI

Life Style 12 December 2019 16:00 p.m.

Waspada! Sedotan Besi Lebih Membahayakan Lingkungan