Nadiem-Makarim-Jadi-Calon-Menteri.jpg

5 Fakta Menarik Bos Go-jek Calon Menteri Jokowi

oleh: rachli Entertainment Monday, 21 October 2019 13:00 p.m.


Siapa yang tak kenal dengan Nadiem Makarim? Ya, dia merupakan sosok dari pendiri layanan transportasi online terkemuka di Indonesia, Go-jek. Di usianya yang masih cukup muda, sosok Nadiem Makarim menjadi inspirasi anak muda Indonesia untuk berani terjun ke dunia bisnis.

Setelah namanya kian populer lewat Go-jek, Nadiem Makarim kembali menjadi bahan perbincangan publik. Belum lama ini, nama Nadiem Makarim digadang menjadi salah satu calon menteri di era pemerintahan Jokowi Jilid 2.

Melansir dari Tribunnews, berikut ini lima fakta menarik tentang pendiri Go-jek yang namanya masuk dalam bursa calon menteri.

Lahir di Singapura

Bernama lengkap Nadiem Anwar Makarim lahir di Singapura pada 4 Juli 1984. Ayahnya adalah seorang pengacara asal Minangkabau, Nono Anwar Makarim dan Ibunya seorang keturunan Arab, Atika Al-gadri. Meskipun lahir di Singapura, Nadiem mengeyam pendidikan dasarnya di Jakarta.

Cucu dari pejuang perintis kemerdekaan RI

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini merupakan cucu dari seorang pejuang perintis kemerdekaan Indonesia, Hamid Al-gadri, ayah dari ibu Nadiem. Pada zaman kolonial, Hamid Al-gadri menjadi salah satu orang yang berjasa dalam perundingan Linggarjati, perundingan Renville, dan Konferensi Meja Bundar. Bahkan, Hamid Al-gadri menjadi salah satu anggota parlemen pada masa awal berdirinya negera Republik Indonesia.

Baca Juga: Digadang Jadi Jaksa Agung, Ini Profil Mahfud MD

Baca Juga: Dea Valencia, Pengusaha Muda Sukses Lewat Batik Kultur

Baca Juga: Dikenal Vokal, Ini Sosok Cantik Wanda Hamidah

Lulusan salah satu universitas terbaik dunia

Nadiem Makarim mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Jakarta. Setelah itu, Nadiem bertolak ke Singapura untuk melanjutkan pendidikan menengah atasnya. Lulus SMA, Nadiem melanjutkannya di Brown University, Amerika Serikat mengambil jurusan International Relations.

Nadiem belajar di Brown University mulai tahun 2002 hingga 2006. Setelah tiga tahun berselang, Nadiem kembali melanjutkan pendidikan pasca sarjananya di salah satu universitas terbaik dunia, Harvard Business School dan mendapatkan gelar Master of Business Adminitration (MBA).

Pernah bergabung di Mckinsey & Company dan Zalora

Nadiem Makarim pernah bergabung dengan perusahaan konsultan manajemen multinasional, Mckinsey & Company yang berbasis di Jakarta. Di perusahaan itu, Nadiem menjabat sebagai konsultan manajemen selama tiga tahun.

Selain itu, Nadiem juga sempat bergabung di online fashion, Zalora Indonesia sebagai Co-Founder dan Managing Editor. Setelah keluar dari Zalora, Nadiem bekerja di Kartuku sebagai Chief Innovation Officer.

Pendiri Go-jek

Nadiem Makarim mendirikan start-up aplikasi Go-jek pada tahun 2011. Pada 2016, perusahaan tersebut berhasil mendapatkan pendapatan sebesat USD550 juta dolar atau setara Rp7,2 triliun rupiah. Hingga kini, Go-jek telah melebarkan sayapnya ke layanan jasa antar makanan, barang, hingga konsultasi kesehatan online. Saat ini, perusahaan miliknya sudah beroperasi di berbagai negara di Asia Tenggara.


Share To


rachli

rachli

Oct. 21, 2019, 1:10 p.m.


tags : Go-jek Inspirasi Anak Muda Indonesia Calon Menteri Era Jokowi Nadiem Makarim


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi