Irma-Suryani.jpg

5 Fakta Irma Suryani, Sang Aktivis Buruh

oleh: inggil History Friday, 18 October 2019 15:00 p.m.


Bernama lengkap Irma Suryani Chaniago yang merupakan salah satu anggota DPRD. Lahir pada 6 Oktober 1965, di Lampung politisi perempuan ini juga dikenal sebagai aktivis perjuangan kaum buruh. Ia mulai terjun sebagai politisi pada 2012 sebagai Wakil Ketua DPP Partai Nasdem.

Saat ini, sosok Irma Suyani tengah menjadi sorotan di dunia maya atas aksinya saat berdebat bersama Rocky Gerung di salah satu stasiun televisi swasta. Dalam debat tersebut, Irma sembari menunjuk-nunjuk Rocky sambil mengucap beberapa kalimat.

Irma sendiri juga dikenal tegas dan berani dalam melontarkan suatu kritikan. Dirinya mempunyai cita-cita untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat menengah ke bawah, terutama bagi kaum buruh.

Berikut ini lima fakta kritikan yang pernah dilontarkan Irma:

  1. Komentar Perpres terhadap Penggunan Tenaga Kerja Asing

Pada Maret 2018, Presiden Jokowi meneken Perpres nomor 20 tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Irma pun menanggapi hal tersebut. Menurutnya, Perpres tersebut dinilai sarat akan Pilpres 2019.

Irma-Suryani-DPRD.jpg

Irma menilai Perpres tersebut perlu diolah kembali. Pasalnya, ada makna seperti kedatangan pekerja asing ke Indonesia semakin deras. Sementara, jumlah pencari lapangan pekerjaan di Tanah Air juga tidak kalah banyak.

2. Tidak Mengizinkan Buruh dalam Politik Praktis

Pada Hari Buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei, Irma Suryani selalu menghimbau agar para buruh yang terlibat di aksi May Day tidak ikut-ikutan dalam arus politik praktis.

Irma-Suryani-Politisi-buruh.jpg

“Saya berharap sepanjang yang diperjuangkan untuk kesejahteraan buruh saya dukung. Tapi kalau sudah masuk dukung mendukung politik itu tidak benar. Itu sudah masuk politik praktis namanya,” ujar Irma, dilansir IDN.

3. Menyayangkan Pernyataan Prabowo Terhadap Ojek Online

Penyataan Prabowo terkait profesi ojek online pernah menyita banyak warga. Dirinya menilai kenapa banyak sekali para lulusan SMA yang memilih menjadi ojol daripada bekerja kantoran.

Irma-Suryani-Politisi-Buruh-Indonesia.jpg

Penyataan tersebut pun membuat geram para pekerja ojol. Tak terlepas dari sosok Irma yang turut membela para ojol tersebut. Irma menilai bahwa pekerjaan ojol adalah pekerjaan yang halal dan diminati di seluruh dunia.

4. Pejuang Buruh Sejati

Irma aktif dalam berbagai organisasi yang membela kepentingan kaum buruh, antara lain sebagai Sekretaris Jenderal Serikat Buruh Maritim & Nelayan Indonesia dan Ketua MPO Serikat Buruh Perkebunan Indonesia.

Irma-Suryani-Aktivis.jpg

Bahkan saat ia menjabat sebagai Manager di PT Jakarta International Container Terminal, Irma sempat membuat serikat pekerja di tempatnya tersebut.

5. Irma Menjabat Ketua Gemuruh

Pada Pilpres 2014 lalu, Partai Nasional Demokrat meluncurkan suatu organisasi sayap. Organisasi tersebut diharapkan bisa mendorong buruh untuk memberikan suaranya bagi Parpol tersebut. Lantas, gerakan itu diberi nama Gerakan Massa Buruh (Gemuruh).

Irma-Suryani-Politisi.jpg

Melalui organisasi itu juga, Irma berharap buruh bisa menjadi subjek dalam pembuatan kebijakan pemerintah. Menurutnya tanpa menjadi pelaku, maka buruh selamanya hanya akan menjadi penonton dengan angan-angan kesejahteraan dan kemakmuran.


Share To


inggil

inggil

Oct. 18, 2019, 3 p.m.


tags : May Day Buruh Aktivis Buruh Politisi Buruh Irma Suryani Irma Aktivis


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 3 April 2020 12:00 p.m.

Virus Corona Ancam Generasi Ponsel Berikutnya

Life Style 3 April 2020 11:00 a.m.

Jangan Buru-buru Menuduh Schizophrenia

Travel 3 April 2020 10:00 a.m.

Air Terjun Tertinggi di Ekuador Menghilang