UKW Tangsel.jpg

44 Wartawan di Banten Lulus Uji Kompetensi Wartawan

oleh: galih Life Style Monday, 25 October 2021 7:00 a.m.


Mancode – Sebanyak 44 wartawan di Banten dinyatakan lulus setelah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banten dan Tangerang Selatan (Tangsel) di Intermark BSD, Serpong.

Pelaksanaan UKW yang dilaksanakan selama 23-24 Oktober 2021 ini, diikuti 48 wartawan di Banten yang telah terpilih berdasarkan hasil pra-UKW dari ratusan pendaftar.

Direktur UKW PWI Pusat Prof Rajab Ritonga mengatakan meski UKW dilaksanakan secara terbuka dan transparan, para peserta betul-betul diuji oleh para penguji yang profesional secara ketat. Mulai dari pengetahuan soal jurnalistik hingga jejaring dengan para narasumber peserta.


"Saya ingin mengucapkan selamat atas hasil yang diperoleh. Kita sama-sama terbuka dua hari ini, prosesnya transparan," kata Prof Rajab, Minggu (24/10/2021).

Dari 48 peserta yang mengikuti UKW, ada 44 wartawan dinyatakan berkompeten. Sedangkan sisanya (4 peserta) dinyatakan belum kompeten. Meski begitu, Rajab berpesan, agar peserta yang dinyatakan belum berkompeten itu tidak patah semangat untuk terus mengasah kompetensinya.

"Untuk teman-teman yang belum berkompeten yang tadi disebutkan, ini belum berakhir. Masih ada kesempatan, jadikan pengalaman ini sebagai bekal untuk ujian berikutnya. Sehingga benar-benar matang dan dapat dinyatakan kompeten," pesan Rajab.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun turut mengapresiasi para peserta yang dinyatakan kompeten tersebut. Menurutnya, UKW sangat penting agar menjadi wartawan yang diakui oleh negara.

"Semoga ini menimbulkan kesadaran bagi wartawan bahwa memiliki sertifikat kompetensi itu penting karena menunjukkan dia sudah profesional. Keuntungannya setelah mengikuti UKW kita akan diakui oleh negara bahwa sudah profesional. Kemanapun bertugas orang tahu kalau dia wartawan profesional karena telah mengikuti UKW," ungkap Hendry.

Sementara, Ketua PWI Tangsel Ahmad Eko Nursanto turut memberi selamat kepada para peserta yang dinyatakan kompeten dalam UKW tersebut. Dia juga berharap, peserta yang dinyatakan belum berkompeten tetap semangat.

"Selamat kepada seluruh para peserta yang dinyatakan berkompeten, terutama bagi wartawan Tangsel yang mengikuti UKW. Semoga, dapat menjadi wartawan yang kompeten, independen dan profesional," pungkasnya.

Baca Juga: Mahasiswa S2 Terapan Teknik Elektro PNJ Gelar Pengmas di Bogor

Baca Juga: HAJAKA, Komunitas Pecinta Handphone Jadul

Baca Juga: Komunitas Orami: Wadah Para Orang Tua Berbagi Info dan Melawan Hoaks




Share To


galih

galih

Oct. 25, 2021, 7 a.m.


tags : PWI Banten Uji Kompetensi Wartawan Dewan Pers PWI Tangerang Selatan Wartawan UKW Banten Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE