ABBA.jpg

40 Tahun Berpisah, ABBA Reuni dalam Album "Voyage”

oleh: galih Entertainment Friday, 3 September 2021 9:00 a.m.


Mancode – Setelah puluhan tahun berpisah, legenda pop asal Swedia ABBA mengumumkan kembali bersatu. Mereka bakal merilis album baru dan siap menggelar konser virtual di London, Inggris.

Kuartet yang digawangi Benny Andersson, Björn Ulvaeus, Agnetha Fältskog, dan Anni-Frid Lyngstad ini telah menyiapkan album bertajuk “Voyage”. Album tersebut berisikan 10 lagu, yang akan dirilis pada 5 November 2021. Ini menjadi album studio pertama ABBA setelah 40 tahun berpisah.

"Awalnya hanya dua lagu, dan kemudian kami berkata, 'Yah, mungkin kami harus membuat beberapa lagu lagi,'" kata Benny Andersson seperti dinukil BBC, Jumat (3/9/2021).


Pada akhirnya, ABBA merekam 10 lagu dalam album tersebut. Dua di antaranya sudah dirilis perdana pada Kamis (2/9/2021), yakni "I Still Have Faith In You" dan "Don't Shut Me Down".

"Ketika Benny memainkan melodi, saya hanya tahu itu pasti tentang kami," kata Bjorn Ulvaeus, menjelaskan asal-usul lagu "I Still Have Faith In You".

"Ini tentang menyadari bahwa tidak terbayangkan berada di tempat kita sekarang. Tidak ada imajinasi yang bisa memimpikan itu, untuk merilis album setelah 40 tahun dan masih menjadi teman terbaik, dan masih menikmati kebersamaan satu sama lain, dan memiliki kesetiaan total. Siapa yang pernah mengalaminya? Tidak ada," tambah Bjorn.

Selain merilis lagu, mereka juga sudah menyiapkan konser virtual yang rencananya akan digelar mulai tahun depan bersama dengan 10 band live. Pertunjukkan akan dibuka di ABBA Arena, London pada 27 Mei 2020. Pembelian tiketnya sendiri dibuka mulai 7 September 2021.

Seperti diketahui, ABBA terbentuk pada 1972. Lagu-lagu mereka sukses menguasai tangga lagu dunia sekitar 1974-1983. Lagu 'Waterloo' merupakan pemenang ajang Eurovision Song Contest pada 1974.

Pada 1982, ABBA bubar dan masing-masing personelnya mengejar karier berbeda meski sama-sama di dunia hiburan. Setelah berpisah, Andersson dan Ulvaeus menuliskan lagu untuk artis lain, sementra Lyngtad dan Faltskog bersolo karier.

Musik ABBA diadaptasi ke dalam musikal Broadway, Mama Mia!. Acara tersebut sukses dan diangkat dalam film dengan nama yang sama pada 2008 yang dibintangi Meryl Streep. Film tersebut menjadi boxoffice di Inggris. Sekuelnya dirilis pada 2018 dengan judul 'Mamma Mia! Here We Go Again'.

Baca Juga: Toxic Love ala FLØRE dalam ‘Cigarette’

Baca Juga: Representasi Visual ‘Bercumbu’ Milik Mariani dalam Video Musik

Baca Juga: Melihat Kembali Aksi Penuh Energik God Bless di Atas Panggung




Share To


galih

galih

Sept. 3, 2021, 9 a.m.


tags : Entertainment Konser Virtual ABBA Album Voyage Legenda Pop ABBA ABBA Rilis Album Baru ABBA


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE