4 Tips Turunkan Berat Badan Selama Balan Ramadha.jpg

Tips Turunkan Berat Badan Selama Ramadhan

oleh: rachli Life Style Wednesday, 13 May 2020 8:00 a.m.


Mancode - Memiliki berat badan ideal tentu menjadi dambaan setiap orang. Selain dengan cara beraktivitas fisik, menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan menerapkan pola diet. Namun, selama bulan Ramadhan terkadang pola makan menjadi buruk dan malah menambah berat badan.

Menukil dari laman Fimela (12/5/2020), menurunkan berat badan selama bulan Ramadhan seharusnya tidak begitu sulit, selama bisa mengatur pola makan dan terus beraktifitas fisik. Berikut ini beberapa tips untuk menurunkan berat badan:

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga bisa membantu membakar lemak jahat dalam tubuh dengan lebih efektif. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, bisa dengan meningkatkan asupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi tiga sampai empat buah dan dua mangkuk sayuran.

Buah seperti berries dan sayuran seperti bayam dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena kandungan antioksidannya yang kuat. Jadi, jangan hanya fokus pada diet apalagi mengurangi porsi makan selama bulan Ramadhan.

Banyak Minum Air

Pastikan lebih banyak mengonsumsi air mineral pada saat berbuka puasa, makan malam, dan sahur. Delapan gelas air mineral merupakan batas minimal mengonsumsi air minum. Kalau ingin menurunkan berat badan dan membakar lemak lebih banyak, bisa meningkatkan batas minimal.

Untuk mengetahui berapa banyak air yang harus dikonsumsi per harinya, bisa menghitung dengan mengalikan jumlah berat badan yang berkurang (bandingkan pada saat sebelum dan sesudah berolahraga dalam KG) dengan 1,5. Hasilnya merupakan jumlah air yang tubuh butuhkan untuk menurunkan berat badan dan menghidrasi tubuh.

Pentingnya Vitamin D

Bukan hanya buah dan sayuran yang mengandung banyak serat yang penting untuk tubuh. Selain mengonsumsi buah dan sayuran, perlu juga mengonsumsi lebih banyak vitamin D. Vitamin D dapat menggantikan sinar matahari yang menyehatkan tubuh. Kadang, selama bulan Ramadhan kekurangan vitamin D karena tidak beraktifitas di luar rumah di pagi hari.

Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur

Sahur merupakan momen penting yang harus dimanfaatkan untuk mengonsumsi makanan sehat dengan baik selama bulan Ramadhan. Sahur penting dilakukan karena merupakan satu-satunya waktu untuk menyiapkan pasokan energi agar dapat beraktifitas seharian menjelang berbuka puasa. Selain itu, sahur dengan makanan yang kaya akan serat dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Jaga Stamina Puasa Ramadhan dengan Konsumsi Makanan Seimbang

Baca Juga: Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi

Baca Juga: Cara Atasi Cegukan Saat Berpuasa Tanpa Membatalkannya


Share To


rachli

rachli

May 13, 2020, 8 a.m.


tags : Tips Turunkan Berat Badan pola makan Sahur Sistem Imun Vitamin D Tips Bulan Ramadhan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 26 October 2020 16:00 p.m.

Merayakan Perilisan Album 'Semenjak Internet' Petra Sihombing

Entertainment 26 October 2020 14:00 p.m.

Bukti Bakat Bernyanyi Syifa Hadju dalam 'Setia atau Bodoh'

Entertainment 26 October 2020 12:00 p.m.

Kisah Proses Video Klip 'Lagu Untukmu' Thavita

Entertainment 26 October 2020 11:00 a.m.

Aransemen Pop Kekinian 3 Composers dalam 'Beri Aku Waktu'